Ini Penyebab Dua TPS di Jatim Lakukan Coblos Ulang

Hilda Meilisa - detikNews
Jumat, 11 Des 2020 09:11 WIB
kotak suara di jatim
Foto: Tim Detikcom
Surabaya - KPU Jawa Timur menyebut ada dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang harus melakukan coblos ulang atau Pemungutan Suara Ulang (PSU). KPU menyatakan ada pelanggaran yang terjadi di dua TPS tersebut.

Dua TPS ini yakni di TPS 3 Desa Purwodadi, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang dan TPS Kelurahan Kedurus, Kecamatan Karangpilang, Kota Surabaya.

Ketua KPU Jatim Choirul Anam mengatakan pelanggaran pertama di TPS 46 Kedurus Surabaya yakni ada temuan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang memberikan penanda pada surat suara.

"KPPS memberikan penandaan (nomor urut) pada surat suara, sehingga tidak menjamin asas kerahasiaan pemilih," kata Anam di Surabaya, Jumat (11/12/2020).

Sementara di TPS 3 Purwodadi, Malang, Anam mendapatkan laporan adanya dua orang lebih yang tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), namun menyalurkan hak suaranya di TPS tersebut. Usai ditelusuri, ternyata pemilih di luar DPT itu tidak beralamat sesuai KTP di wilayah setempat.

Tak hanya itu, Anam mengatakan pihaknya juga telah menyiapkan antisipasi ini sejak awal. Salah satunya dengan menyiapkan logistik seperti kertas suara yang digunakan dalam PSU.

"Karena kami juga sudah siap kalau memang dari awal kita sudah membuat surat suara cadangan untuk pemungutan suara ulang. Jadi secara logistik secara personel, mungkin kita sudah siap, langsung kita laksanakan dalam waktu yang cepat (PSU)," tambahnya.

Namun, Anam menyebut pelaksanaan Pilkada Serentak di 19 kabupaten atau kota di Jatim secara umum berjalan lancar. Dia menambahkan hanya ada dua TPS yang dilakukan PSU dari 48.607 TPS.

"Alhamdulillah juga tidak tidak ada insiden satupun yang kemudian sampai mengganggu pelaksanaan pemungutan suara," pungkasnya.

Tonton video 'Bawaslu RI: Angka Partisipasi Masyarakat pada Pilkada Serentak Turun':

[Gambas:Video 20detik]



(hil/fat)