Sudah Setahun Exit Tol Magetan Belum Tergarap

Sugeng Harianto - detikNews
Jumat, 11 Des 2020 16:47 WIB
tol magetan
Tol Magetan (Foto: Sugeng Harianto)
Magetan -

Setahun sudah warga Magetan menantikan progres pembangunan Gerbang Tol (GT) yang telah di setujui Presiden Joko Widodo. Terkait disetujuinya Gerbang Tol Magetan bahkan telah masuk dalam daftar Perpres akhir tahun 2019.

"Sudah masuk di Perpres salah satunya exit Gerbang Tol Magetan," ujar Bupati Magetan Suprawoto saat di konfirmasi detikcom, Jumat (11/12/2020).

Disebutkan oleh Kang Woto sapaan akrab bupati Magetan, Perpres terkait exit tol Magetan yakni Perpres nomor 80 tahun 2019. Sampai saat ini, lanjut kang Woto, pihak Pemprov Jatim juga tengah membahasnya.

"Perpres 80 tahun 2019 masuk salah satu diantaranya (Gerbang Tol Magetan). Dan saat ini terus dibahas di Pemrov Jatim,"paparnya.

Kang Woto mengatakan, wacana pembuatan exit Gerbang Tol di wilayah Magetan sudah sejak Desember 2018. Bupati Magetan memahami belum dikerjakannya proyek gerbang tol di Magetan dimungkinkan seiring pandemi COVID-19.

"Kalau wacana sudah sejak 2018. Perpres 80 tahun 2019 masuk salah satu, dan terus dibahas di Pemrov Jatim sampai saat ini. Hanya mungkin karena COVID-19 semua anggaran refocusing," tandasnya

Sementara itu Dirtekops PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) M Historya Ayanda mengaku belum mendapat instruksi dari kementerian PUPR. "Terkait berita tersebut kami belum mendapat arahan lebih lanjut. Tapi menang saya pernah dengar soal permintaan exit baru gerbang Tol Magetan," ujar Historya.

Tol Ngawi-Kertosono membentang sepanjang sekitar 7 km di wilayah Magetan. Melintas di sekitar lima desa di Kecamatan Kartoharjo. Yakni desa Sukowidi, Kartoharjo, Gunungan Jajar serta Jeruk.

Meski begitu, hingga saat ini warga Magetan belum bisa mengakses secara langsung tol tersebut. Semua warga yang ingin masuk tol harus melalui pintu masuk yang ada di Madiun dan Ngawi. Desa Sukowidi dan Kartoharjo dinilai layak untuk menjadi lokasi exit tol di Magetan.

Dengan adanya gerbang tol, pengguna jalan tidak harus jauh keluar di Kabupaten Madiun. Magetan merupakan daerah dengan banyak lokasi wisata.

(iwd/iwd)