Rencana Pembangunan Exit Tol Magetan, Jasamarga Tunggu Kementerian PUPR

Sugeng Harianto - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 13:49 WIB
Jalan tol yang melewati Magetan (Foto: Sugeng Harianto)
Jalan tol yang melewati Magetan (Foto: Sugeng Harianto)
Magetan - Jasamarga angkat bicara terkait rencana pembangunan exit tol di Magetan yang telah disetujui Presiden Jokowi. Jasamarga masih menunggu instruksi dari kementerian PUPR.

"Terkait gerbang tol di Magetan saat ini memang kami masih menunggu instruksi atau menunggu arahan terkait dengan penambahan IC Magetan dari kementerian PUPR," terang GM Operasi PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) Agus Hari saat dihubungi detikcom, Rabu (15/1/2020).

Terkait pembangunan exit tol Magetan, kata Agus, hingga saat ini belum ada perintah resmi terkait progres baik desain ataupun lokasi. Langkah awal dalam pembangunan exit tol Magetan, lanjut Agus, yakni memastikan desain, baru penentuan lokasi.

"Untuk desain juga belum jadi semua masih menunggu arahan Kementerian PUPR. Nanti kalau sudah ada instruksi baru kita tindaklanjuti desain dan lokasi," kata Agus.


Agus mengungkapkan jika sudah ada arahan dari kementerian PUPR, pihaknya akan segera membuat progres terkait pembangunan Gerbang Tol Magetan. "Kalau sudah dapat arahan pasti kita segera buat progres termasuk penyiapan lahan," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, warga Magetan akhirnya bisa tersenyum gembira. Permintaan exit atau gerbang tol di Ruas Tol Ngawi-Kertosono telah disetujui Presiden Joko Widodo.

Data yang dihimpun detikcom, Tol Ngawi-Kertosono membentang sepanjang sekitar 7 km di Magetan. Melintas di lima desa di Kecamatan Kartoharjo yakni Desa Sukowidi, Kartoharjo, Gunungan Jajar, serta Jeruk.

Meski begitu, hingga saat ini warga Magetan belum bisa mengakses secara langsung tol tersebut. Semua warga yang ingin masuk tol harus melalui pintu masuk yang ada di Madiun dan Ngawi dengan jarak lebih jauh. Desa Sukowidi dan Kartoharjo dinilai layak untuk menjadi lokasi exit tol di Magetan.


"Infonya begitu terkait permintaan exit tol sudah disetujui tinggal menunggu kabar selanjutnya," ujar Bupati Magetan Suprawoto saat dihubungi detikcom, Jumat (6/12/2019).

Persetujuan pembangunan exit tol, kata Suprawoto, sudah dituangkan dalam keputusan presiden. Pihaknya mendapatkan kabar secara langsung.

"Infonya memang betul sudah disetujui, betul itu, yang saya terima begitu (sudah disetujui). Tapi kalau kabar secara resmi belum insya Allah minggu depan ini saya ke Jakarta mungkin sekalian saya konfirmasi," paparnya. (iwd/iwd)