Rekapitulasi Surat Suara Pilwali Surabaya Serentak Dilakukan Besok

Esti Widiyana - detikNews
Kamis, 10 Des 2020 17:27 WIB
Komisioner KPU Surabaya Divisi Teknis Penyelenggaraan Soeprayitno
Komisioner KPU Surabaya Soeprayitno (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Rekapitulasi surat suara Pilwali Surabaya 2020 akan dilakukan besok, Jumat (11/12/2020). Rekapitulasi serentak dilakukan di 31 kecamatan dilakukan selama 3 hari.

Komisioner KPU Surabaya Divisi Teknis Penyelenggaraan Soeprayitno menyampaikan keputusan itu berdasarkan hasil dari rapat koordinasi dengan PPK.

"Sesuai rapat koordinasi KPU Surabaya dan teman-teman PPK dari 31 kecamatan se-Surabaya, disepakati pelaksanaan rekapitulasi tingkat kecamatan mulai 11 hingga 14 Desember," kata Nano sapaan akrabnya kepada wartawan di Kantor KPU Surabaya, Kamis (10/12/2020).

Nano menjelaskan, rekapitulasi di kecamatan dilakukan hingga tiga hari karena terdapat daerah dengan jumlah TPS yang banyak. Sedangkan kecamatan lainnya cukup satu hari untuk menyelesaikan rekapitulasi.

"Untuk kecamatan atau PPK dengan jumlah TPS yang besar itu estimasinya hingga 3 hari. Seperti Kecamatan Tambaksari, Semampir, itu besar. Sedangkan kecamatan dengan jumlah TPS yang sedikit atau minim itu sehari cukup. Jadi kalau kita estimasi, waktu sehari itu bisa menuntaskan 15-18 TPS," jelasnya.

Sedangkan jadwal rekapitulasi tingkat kota, akan dilakukan setelah dari kecamatan sudah tuntas. "Sesuai hasil rapat pleno hari ini itu rencananya digelar tanggal 14, 15, 16 Desember 2020 di salah satu hotel di Surabaya," ujarnya.

Di sisi lain, saat rekapitulasi tingkat kecamatan, kotak surat suara akan bermuara di kantor KPU Surabaya. Teknisnya, nanti saat rekapitulasi, kecamatan wajib menggunakan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) untuk memudahkan petugas melakukan rekap dari webSirekap . Sehingga, PPK atau operator untuk mengecek data atas perolehan suara masing-masing paslon di wilayah TPS di masing-masing kelurahan.

"Jadi sirekap ini menjadi ikhtiar bersama KPU RI dalam rangkah transparansi atas hasil pemilihan di semua daerah yang menggelar pemilihan," pungkasnya.

(fat/fat)