Separuh Warga Surabaya Golput di Pilkada 2020

Esti Widiyana - detikNews
Kamis, 10 Des 2020 15:07 WIB
Komisioner KPU Surabaya Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Subairi
Komisioner KPU Subairi (Foto: Esti Widiyana/detikcom)

"Tapi kalau dari tolak ukur partisipasi masyarakat yang ditarget KPU RI 77,5 persen, ya menjadikan di Surabaya sesuai hasil monitoring kemarin kemungkinan belum bisa maksimal mencapai target nasional. Tapi kita optimis menunggu rekap di tingkat kecamatan," katanya.

Bairi menjelaskan, banyaknya warga yang golput ini karena berbagai alasan. Seperti faktor cuaca saat pencoblosan, namun tidak sedikit pula warga yang datang ke TPS, meski sedang hujan. Hal itu pun belum dilakukan evaluasi oleh KPU hingga saat ini.

"Bisa jadi karena faktor-faktor cuaca, tapi memang banyak inovasi yang kami lakukan, termasuk melibatkan RT/RW jadi KPPS, atau karena takut terpapar COVID-19 atau lagi cuaca, atau lagi ke luar kota. Varian-varian itu belum kami tindak lanjuti, belum kami evaluasi," pungkasnya.

Hingga kini, warga Surabaya yang bisa menggunakan hak pilihnya di Pilkada Surabaya 2020 berjumlah lebih dua juta orang. Terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 1.016.395 dan perempuan pemilih sebanyak 1.072.632 dengan jumlah TPS 5.184 dan tersebar di seluruh Surabaya.

Sementara Pilkada Surabaya 2020 diikuti pasangan Eri Cahyadi-Armuji didukung PDIP dan PSI. Dan Machfud Arifin-Mujiaman, didukung didukung 8 parpol PKB, Gerindra, Golkar, PKS, Demokrat, NasDem, PAN dan PPP.


(fat/fat)