Ipuk-Sugirah Menang Versi QC LSI, Paslon 01: Kami Tunggu Real Count KPU

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 09 Des 2020 21:37 WIB
yusuf widyatmoko
Yusuf Widyatmoko (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Hasil hitung cepat LSI Denny JA yang memenangkan Ipuk Fiestiandani-Sugirah ditanggapi dingin oleh tim sukses pemenangan Yusuf Widyatmoko- KH Muhammad Riza Aziziy. Tapi mereka menghormati klaim kemenangan dari pasangan 02, Ipuk Fiestiandani-Sugirah.

Tim pemenangan paslon 01, dr. Taufik Hidayat mengatakan terkait hasil hitung cepat, pihaknya enggan berkomentar banyak. Namun, pihaknya menunggu hasil pasti dari KPUD.

"Mending kita menunggu hitungan dari KPU Banyuwangi," ujarnya saat dihubungi wartawan, Rabu (9/12/2020).

Pihaknya juga sedang menginvantarisir dan mengkaji temuan dugaan pelanggaran dari proses pemungutan suara Pilkada.

"Tim hukum kami sedang menginvintarisir dan mengkaji," tambahnya.

Terkait deklarasi yang dilakukan oleh paslon 02, Ipuk Fiestiandani-Sugirah, pihaknya menghormati. Namun, kembali lagi dirinya menegaskan pihaknya tetap menunggu hasil hitung riil Pilkada yang dilakukan KPUD.

"Silahkan saja membuat deklarasi kemenangan. Kami tetap menunggu hitung riil dari KPUD. Karena, itu yang valid dan sah," jelasnya via telepon.

Sementara itu, akun Instagram milik Yusuf Widyatmoko tetap memberikan semangat kepada relawan yang berjuang memenangkan dirinya dalam Pilkada Banyuwangi 2020. Pihaknya bersama dengan KH Muhammad Riza Aziziy terus mengawal real count yang dilakukan oleh KPU Banyuwangi.

"Tetap semangat untuk relawan semua. Sampai malam ini, saya bersama @rizaaziziy masih terus mengawal real count. Terima kasih atas dukungan yang besar kepada kami.Berjuang itu panggilan hati. Dan karenanyalah kita tetap tegak berdiri," tulisnya.

Hasil hitung cepat LSI Denny JA, pasangan Ipuk Sugirah yang diusung PDIP, NasDem, PPP, Hanura dan Gerindra unggul 53,03 persen suara. Sedangkan rivalnya, pasangan Yusuf Widiatmoko Gus Riza meraup 47,05 persen suara. Terpaut sekitar 6,04 persen suara. Dari jumlah ini, pasangan Ipuk Sugirah memenangi 4 dapil, dari 5 dapil di Kabupaten Banyuwangi.

(iwd/iwd)