Cek TPS di Mojokerto Bersama Pangdam dan Kapolda Jatim, Ini Temuan Khofifah

Enggran Eko Budianto - detikNews
Rabu, 09 Des 2020 14:12 WIB
Cek TPS di Mojokerto Bersama Pangdam dan Kapolda Jatim, Ini Temuan Khofifah
Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto -

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Kapolda dan Pangdam V Brawijaya mengecek salah satu TPS untuk Pilbup Mojokerto 2020. Dia ingin memastikan pemungutan suara di TPS tersebut mematuhi protokol kesehatan (prokes).

TPS 8 di Desa Manduro Manggung Gajah, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto menjadi sasaran pengecekan Khofifah. Dia didampingi Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Ketua KPU Jatim Choirul Anam, Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander, serta Ketua KPU Kabupaten Mojokerto Muslim Bukhori, serta perwakilan Bawaslu.

Khofifah mengecek langsung penerapan prokes di TPS tersebut. Mulai dari tempat pendaftaran pemilih hingga ketersediaan bilik khusus untuk pemilih yang suhu tubuhnya melebihi 37,3 derajat celcius.

"Kami ingin meninjau dan memastikan secara langsung penerapan protokol kesehatan pada pelaksanaan Pilkada serentak saat ini," kata Khofifah melalui rilis yang diterima detikcom, Rabu (9/12/2020).

Mantan Menteri Sosial ini mengapresiasi kinerja Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 8 Desa Manduro Manggung Gajah. Karena mereka telah menerapkan prokes dengan baik selama pemungutan suara untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"KPPS harus tegas dan menjalankan prokes dengan ketat. Ini (Pilkada) hajat kita bersama, ini tugas kita juga untuk memastikan kesehatan masyarakat terjaga," terangnya.

Ia berharap Pilkada Serentak 2020 di 19 kabupaten/kota di Jatim berjalan aman, damai, kondusif, serta tidak memunculkan klaster baru COVID-19. "Harapannya Pilkada aman, damai, kondusif dan tidak muncul klaster baru karena prokes sudah dijalankan dengan ketat," tandasnya.

(fat/fat)