Dua Menteri Terjaring KPK, Jokowi Disarankan Lepas dari Perangkap Parpol

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 07 Des 2020 19:00 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy  dan Prabowo Mensos Juliari Peter Batubara
Menteri KKP dan Mensos (Foto: detikcom)
Surabaya, -

Dua menteri Presiden Jokowi di Kabinet Indonesia Maju, dari lingkungan partai ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pengamat menyarankan Jokowi melepaskan diri dari perangkat partai politik.

Sebelumnya KPK melakukan OTT pada Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo pada 25 November 2020. Tak berselang lama, KPK juga menetapkan Mensos Juliari Peter Batubara sebagai tersangka dugaan tindak pidana korupsi terkait bantuan sosial (bansos).

Pengamat Politik dan Komunikasi dari Universitas Airlangga Surabaya, Dr Suko Widodo menyarankan Jokowi sebaiknya melepas perangkap dari partai pengusung. Hal ini, agar bisa lebih leluasa dalam menetapkan atau memilih menteri.

"Pak Jokowi harus melepaskan diri dari perangkap politik dari parpol pengusung. Dengan demikian akan leluasa dalam menetapkan menterinya," kata Suko saat dikonfirmasi detikcom di Surabaya, Senin (7/12/2020).

Sementara mengenai dugaan tindak pidana terkait bantuan sosial (bansos) untuk wilayah Jabodetabek 2020 yang menyeret Mensos, Suko menyebut hal ini bisa terjadi karena proses pengelolaannya yang mudah. Sehingga mudah pula untuk diselewengkan.

Tonton video 'Peringatan Jokowi yang Diacuhkan Edhy Prabowo-Juliari P Batubara':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2