Perawat Senior RSU dr Soetomo Meninggal Positif COVID-19

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Senin, 07 Des 2020 16:20 WIB
perawat meninggal
Perawat senior RSU dr Soetomo yang meninggal (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Satu lagi tenaga kesehatan (nakes) meninggal dunia terpapar COVID-19. Seorang perawat senior RSU dr Soetomo Mudjiono Amd meninggal positif COVID-19.

"Tadi pagi pukul 06.25 WIB (meninggal dunia). Iya, yang jelas jika dirawat di ruang itu, pasien-pasien dengan hasil pemeriksaan positiv (COVID-19)," ujar Ketua Dewan Pengurus Komisariat Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) RSU dr Soetomo Zulkifli saat dikonfirmasi detikcom, Senin (7/12/2020).

Zulkifli menjelaskan sebelumnya almarhum sempat mengalami flu dan bergejala sesak nafas kemudian dirawat di IGD.

"Ya seperti biasa flu, memang perubahan cuaca nggak tahu siapa yang membawa. Jadi dari hasil pemeriksaan baru diketahui. Gejalanya sama dengan flu itu. Karena yang bersangkutan memberikan keluhan sesak, akhirnya yang bersangkutan datang ke IGD itu," ungkap Zulkifli.

Zulkifli menambahkan almarhum Mudjiono bekerja sebagai perawat vokasi di RSU dr Soetomo sudah 30 tahun lebih. Dan rencananya akan pensiun pada Februari 2021 mendatang. Pos unit yang terakhir menjadi tempat kerja almarhum yakni di ruangan khusus penyakit dalam.

"Bulan Februari 2021 beliaunya pensiun, sekitar 30 tahun lebih (bekerja)," lanjut Zulkifli.

Zulkifli juga membenarkan jika almarhum juga berperan aktif dalam penanganan COVID-19 di RSU dr Soetomo. Siang tadi sekitar pukul 11.30 WIB, jenazah almarhum dimakamkan di Keputih,setelah dilakukan prosesi penghormatan di rumah sakit.

"Turut berbelangsungkawa, jadi perwakilan instalasi itu ada yang datang, mulai kepala ruangannya, perawat pelaksanannya, kolega-kolega beliau yang dulu mulai dari sekolah, sampai unit-unit yang beliau pernah dinasi, sebelum dinas diruangan terakhir ini. Jadi itu merupakan satu bentuk penghormatan teman-teman khususnya profesi perawat terhadap almarhum," tandas Zulkifli.

(iwd/iwd)