Muncul Klaster KPU di Blitar, Bawaslu Minta TPS Didirikan di Zona Aman

Erliana Riady - detikNews
Senin, 07 Des 2020 08:29 WIB
TPS KPU di Blitar
TPS di Blitar (Foto: Erliana Riady/detikcom)
Blitar -

Satgas COVID-19 Kabupaten Blitar merilis munculnya klaster KPU. Untuk memaksimalkan partisipasi pemilih, Bawaslu Blitar meminta KPU mendirikan TPS di zona aman.

Data yang telah masuk all new record di Kabupaten Blitar, KPPS yang terpapar COVID-19 itu berasal dari Kecamatan Sutojayan, Udanawu, Selorejo, Kanigoro, dan Gandusari. Sedangkan yang belum masuk data all new record, dari Kecamatan Kademangan dengan jumlah KPPS yang terpapar sebanyak 10 orang.

Ketua KPU Kabupaten Blitar, Hadi Santoso mengaku sudah menerima laporan ini. Untuk KPPS Kecamatan Kademangan, yang bertugas di TPS Desa Plosorejo sebanyak 7 orang dan di Desa Darungan sebanyak 3 orang.

"Ini yang jadi kendala, ada satu TPS yang petugas KPPS positif lebih dari 3. Kami belum putuskan, apakah mencari yang baru atau menggeser tugas KPPS dari TPS lain. Karena untuk menggeser lokasi KPPS itu juga perlu SK baru," kata Hadi dikonfirmasi detikcom, Senin (7/12/2020).

Tak hanya di kalangan KPPS menyerang, namun juga di panwas terpapar COVID-19. Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar, Abdul Hakam Solahuddin menyebut, ada 8 panwas terkonfirmasi positif COVID-19.