Rumah Sakit Rujukan COVID-19 Penuh, Pasien di Blitar Dirujuk ke Luar Kota

Erliana Riady - detikNews
Minggu, 06 Des 2020 07:44 WIB
RSUD Ngudi Waluyo Wlingi Blitar
RSUD Ngudi Waluyo Wlingi Blitar (Foto: Erliana Riady/detikcom)
Blitar -

Lonjakan jumlah paparan COVID-19 di Kabupaten Blitar mencapai 1.143 orang. Kondisi ini membuat semua rumah sakit rujukan terisi penuh. Satgas COVID-19 terpaksa merujuk pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dengan gejala ke rumah sakit di luar kota.

Angka komulatif 1.143 itu dengan rincian, 13 orang melakukan isolasi mandiri, 14 orang isolasi di gedung LEC Pemkab Blitar. Dan 30 orang dirawat di beberapa rumah sakit rujukan.

Sebelumnya, hanya tiga rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 di wilayah Kabupaten Blitar. Kapasitas ruangan isolasi dengan tekanan negatif yang mereka sediakan sangat terbatas.

Di RSUD Ngudi Waluyo Wlingi dengan kapasitas 38, RS Srengat dengan 8 ruangan isolasi dan RS Medika Utama dengan 17 ruang isolasi. Selain itu, rumah sakit rujukan yang berada di wilayah Kota Blitar, yakni RSUD Mardi Waluyo dengan 13 ruang isolasi.

Satgas COVID-19 Kabupaten Blitar kemudian menambah Puskesmas Sutojayan sebagai rumah sakit rujukan dengan kapasitas 18 ruangan. Namun tambahan ini, ternyata belum mencukupi untuk menampung pasien terkonfirmasi positif dengan gejala berat.

Selanjutnya
Halaman
1 2