Debat Pilwali Surabaya 2020

Ini Rencana Eri Cahyadi-Armuji Atasi Permasalahan Lingkungan di Surabaya

Hilda Meilisa - detikNews
Sabtu, 05 Des 2020 20:12 WIB
debat ketiga pilwali surabaya
Eri Cahyadi-Armuji (Foto: Tangkapan layar)
Surabaya -

Debat publik ketiga Piwali Kota Surabaya digelar malam ini. Pasangan calon nomor urut 1 Eri Cahyadi-Armuji memaparkan rencananya untuk mengurangi permasalahan lingkungan di Surabaya. Salah satunya memanfaatkan teknologi solar cell.

"Insya Allah kita akan menambahkan penggunaan hemat energi seperti solar cell yang Insya Allah sudah kita gunakan sudah sebanyak 138, juga taman kita juga menggunakan solar cell," kata Eri di Dyandra Convention Center Surabaya, Sabtu (5/12/2020).

Eri mengatakan solar Cell ini juga akan dimanfaatkan untuk penerangan lampu jalan. "Insyaallah kita akan menggunakan lampu lampu di jalan umum, PJU kita akan menggunakan hemat energi juga," papar Eri.

Selain itu, Eri mengatakan pihaknya juga akan melakukan sejumlah langkah untuk menyiapkan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di beberapa bangunan publik.

"Kita siapkan Ipal untuk seluruh Puskesmas dan rumah susun sehingga semua itu bisa terpenuhi. Kita juga akan meningkatkan kualitas udara dan kualitas air dengan memberikan mechanical screen untuk menyaring agar sampah tidak ke pantai," lanjutnya.

"Kita juga mau siapkan green planning and design, ada green open space, green building yang akan kita siapkan semuanya. Sehingga setiap lingkungan itu juga akan terpenuhi kebutuhannya. Kita juga menggerakkan LSM karena Surabaya dan pemerintah kota tidak bisa membangun sendiri tanpa seluruh warga Surabaya melakukan gotong royong untuk itu," tambah Eri.

Senada dengan Eri, Armuji mengatakan pihaknya akan menggandeng LSM dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan tidak berpolusi di Surabaya. Salah satunya dengan pengoptimalan ruang terbuka hijau

"Tentunya ruang terbuka hijau ini akan selalu kita utamakan dimana mereka bisa menyerap polusi yang sekarang menjadi problem utama. Mikroplastik, kita akan mengajak keterlibatan para LSM yang akan berpartisipasi ikut menangani masalah ini. Oleh karena itu masalah lingkungan ini utama bagi kami yang akan menciptakan lingkungan yang ramah yang bersih dan bebas dari polusi," pungkas Armuji.

(hil/iwd)