Jatim jadi Provinsi Kedua Ekspor Terbanyak ke Pasar Global

Hilda Meilisa - detikNews
Jumat, 04 Des 2020 21:40 WIB
gubernur khofifah
Foto: Istimewa
Lamongan -

Jawa Timur menjadi penyumbang ekspor terbesar kedua di Indonesia. Banyak komoditas dari Jatim yang kini diminati pasar global.

Melihat data ini, Jatim mendapat kehormatan menjadi pusat pelaksanaan Pelepasan Ekspor dari Indonesia ke Pasar Global yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo secara virtual. Kegiatan ini juga dihadiri langsung Menteri Perdagangan Agus Suparmanto.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengatakan hal ini akan memicunya untuk lebih baik lagi. Khofifah menyebut pelepasan ekspor ini sebagai upaya untuk terus meningkatkan kinerja ekspor pada masa pandemi.

"Saya mengapresiasi 133 eksportir yang pada hari ini telah melakukan pelepasan ekspor ke 24 negara. Ada 29 eksportir dari Jawa Timur yang turut serta pada kegiatan pelepasan ekspor hari ini, dua diantaranya merupakan IKM yang melakukan ekspor perdana," kata Khofifah di Lamongan, Jumat (4/12/2020).

Sedangkan komoditi asal Jatim yang diekspor yakni perhiasan emas atau perak, produk perikanan dan olahannya, industri kimia, handicraft, coklat dan olahannya, produk aluminium, kerupuk, sukun beku, sorbitol, produk kayu, tisu, pupuk, dan produk kimia.

Momentum kali ini juga melepas ekspor perdana yakni cerutu dari Mojokerto, dan Tempat Tidur Sapi dari Lumajang. Produk-produk unggulan Jatim ini diekspor ke Jepang, Australia, Amerika Serikat, Uni Eropa, Korea, China, Malaysia, dan Dubai.

Di kesempatan ini, Khofifah mengatakan kegiatan pelepasan ekspor memacu bergeraknya perekonomian. Apa lagi perekonomian sempat menurun akibat pandemi, dengan nilai ekspor mencapai USD 1,64 miliar atau setara dengan Rp 23,75 triliun.

Selanjutnya
Halaman
1 2