Ini Seruan Bersama NU dan Muhammadiyah dalam Pilwali Surabaya 2020

Amir Baihaqi - detikNews
Jumat, 04 Des 2020 17:35 WIB
seruan bersama muhammadiyah dan NU
NU dan Muhammadiyah mengeluarkan seruan untuk Pilwali Surabaya 2020 (Foto: Amir Baihaqi)
Surabaya -

PCNU dan PD Muhammadiyah sepakat mengeluarkan seruan damai dalam Pilwali Surabaya 2020. Ada 5 poin yang diserukan menjelang hari pencoblosan tanggal 9 Desember mendatang.

"Kita ingin Pilkada ini berjalan damai. Kontestasi adalah sebuah keniscayaan dalam demokrasi untuk melahirkan pemimpin yang terbaik, kredibel," kata Ketua PCNU Surabaya Muhibbin Zuhri usai membacakan seruan bersama, Jumat (4/12/2020).

"Sebab itu, jangan dikotori dengan hal-hal yang merusak demokrasi. Seperti caci maki, kampanye hitam, negatif, apalagi money politic itu akan mencederai demokrasi," imbuh Muhibbin.

Dalam seruan itu juga, Muhibbin mengimbau warga Kota Pahlawan menggunakan hak pilihnya secara cerdas dan dengan pertimbangan hati nuraninya. Sebab dengan begitu, ia berharap akan hadir pemimpin yang baik yang bisa membawa Surabaya menjadi kota yang diberkahi.

"Kita juga dorong warga Surabaya untuk memilih secara cerdas berdasarkan hati nurani dan pertimbangan rasionalnya. Mudah-mudahan dengan cara itu Gusti Allah akan mentakdirkan kita memiliki pemimpin yang baik, amanah, yang akan membawa menjadi kota yang diridhoi," harapnya.

Senada dengan Muhibbin, Ketua PD Muhammadiyah Mahsun Jayadi sepakat bahwa Pilwali Surabaya berjalan dengan baik dan jauh dari tindakan-tindakan kotor. Untuk itu, Muhammadiyah dan NU Surabaya sepakat mengeluarkan 5 seruan bersama.

"Jadi intinya adalah agar Pilkada ini berjalan dengan baik, bersih dari money politic juga bersih dari kotoran-kotoran seperti tindakan-tindakan yang kurang terhormat," jelas Mahsun.

Apa isi seruan damai NU dan Muhammadiyah dalam Pilwali Surabaya 2020