Rusak Hutan di Trenggalek Jadi Tambak Udang, Dua Orang Jadi Tersangka

Adhar Muttaqien - detikNews
Rabu, 02 Des 2020 11:58 WIB
polres trenggalek
Dua orang ditetapkan jadi tersangka kasus perusakan lingkungan (Foto: Adhar Muttaqien)

Mujito menambahkan untuk menguatkan penyidikan kasus perusakan lingkungan ini, pihaknya menggandeng sejumlah ahli lingkungan hidup, kehutanan hingga perikanan. Polisi juga melakukan uji laboratorium terhadap sejumlah sampel tanah dan batuan di kawasan tambak.

"Dari uji laboratorium itu diketahui kondisi sampel mengindikasikan dilampauinya kriteria baku kerusakan lingkungan hidup. Artinya kerusakan lingkungan sudah terjadi," jelasnya.

Muhito mengaku tim penyidik masih terus melakukan pengembangan untuk memastikan ada tidaknya tersangka lain dalam kasus tersebut. "Kami juga akan mengembangkan ke daerah pesisir lain yang melakukan peruskan lingkungan," tegasnya.

polres trenggalekFoto: Adhar Muttaqien

Akibat perusakan lingkungan hutan tersebut, ulah para tersangka telah mengakibatkan kerugian hingga mencapai Rp 3 miliar. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya kini kedua tersangka ditahan di Polres Trenggalek.

Tersangka dijerat dengan Pasal 98 dan/atau Pasal 99 Undamg-Undang RI Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan hidup, juncto Pasal 55 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara dan denda maksimal Rp 10 miliar.


(iwd/iwd)