PLTU Paiton Tanggapi Demo Koalisi Laut Biru soal Tumpahan Batu Bara

M Rofiq - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 21:56 WIB
Koalisi Laut Biru demo soal tumpahan batu bara dari PLTU Paiton di unit 7-8, yang dinilai merusak ekosistem laut. PT Paiton Energy menyampaikan bahwa produksi selama ini sudah sesuai standar nasional.
PLTU Paiton/Foto: Istimewa

PT Paiton Energy memberikan 2.045 MW tenaga listrik kepada PT PLN (Persero), yang merupakan sekitar 6 persen dari seluruh kapasitas terpasang di Pulau Jawa.

Saat ini perseroan sedang mendukung penuh upaya PLN dalam menjaga keandalan sistem kelistrikan di Jawa dan Bali, dengan bekerja terus menerus untuk memastikan bahwa unit kami (unit 7, 8 dan 3) beroperasi dengan baik menghadapi situasi pandemi COVID-19 yang penuh tantangan.

Perseroan menilai adanya aksi sekelompok orang yang menamakan Koalisi Aksi Laut Biru dapat menimbulkan dampak terhadap upaya kami, dalam membantu menjaga keandalan sistem kelistrikan selama masa pandemi. Juga bisa mengganggu upaya kita bersama dalam mencegah penularan COVID-19.

Paiton Energy berkomitmen untuk melaksanakan semua ketentuan dan peraturan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia untuk operasional PLTU. Juga termasuk dalam upaya menghadapi pandemi COVID-19.

Sementara menurut aktivis lingkungan hidup, Antony Sofyan, PT Paiton Energy tidak menjawab satu pun tuntutan dari Koalisi Laut Biru. Yakni soal tumpahan batu bara ke laut dari perusahaan PT Pomi unit 7-8 di PLTU Paiton.

Sebelumnya, Koalisi Laut Biru menggelar demo di tengah laut Probolinggo. Mereka protes soal perusakan ekosistem laut akibat tumpahan batu bara. Tumpahan batu bara tersebut berada di area PLTU Paiton, Kabupaten Probolinggo.

Halaman

(sun/bdh)