Koalisi Laut Biru Demo di Probolinggo Protes soal Tumpahan Batu Bara

Ainur Rofiq - detikNews
Senin, 30 Nov 2020 20:51 WIB
Koalisi Laut Biru menggelar demo di tengah laut Probolinggo. Mereka protes soal perusakan ekosistem laut akibat tumpahan batu bara.
Koalisi Laut Biru demo di laut Probolinggo/Foto: M Rofiq
Probolinggo -

Koalisi Laut Biru menggelar demo di tengah laut Probolinggo. Mereka protes soal perusakan ekosistem laut akibat tumpahan batu bara.

Tumpahan batu bara tersebut berada di area PLTU Paiton, Kabupaten Probolinggo. Mereka sempat mendapat penolakan dari beberapa kapal nelayan. Namun pada akhirnya mereka tetap bisa menggelar aksi.

Untuk menghindari bentrokan, mereka menggelar aksi di sekitar TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Paiton. Yakni dengan membubuhkan tanda tangan dari peserta aksi.

Aksi tersebut dipicu dugaan banyaknya tumpahan batu bara di sekitar PLTU Paiton. Khususnya di PT Pomi unit 7 dan 8. Tumpahan batu bara yang tidak sedikit ini dinilai mengakibatkan kerusakan ekosistem laut.

Menurut Sapto Marsono, Ketua Kelompok Masyarakat Pengawas Dusun Keranji, Desa Binor, tumpahan batu bara yang berada di laut hampir setinggi 4 meter. Dengan panjang hampir 90 meter.

Ia menyampaikan, segala upaya telah dilakukan. Baik dari kelompok masyarakat, maupun dari komunitas peduli lingkungan. Namun upaya tersebut tidak membuahkan hasil.

Selanjutnya
Halaman
1 2