Pascameletus, Kondisi Gunung Semeru Kini Stabil

Hilda Meilisa - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 15:18 WIB
Kondisi Gunung Semeru Kini Stabil
Bupati Thoriqul Haq tinjau pengungsian warga (Foto: Bupati Lumajang/detikcom)
Lumajang -

Gunung Semeru di Jawa Timur meletus dini hari tadi sekitar pukul 03.10 WIB. Kini, kondisi gunung tertinggi di Pulau Jawa ini dilaporkan stabil.

"Sekarang kondisinya Semeru normal atau stabil ya, sejak pukul 04.33 WIB hingga pagi hari ini kondisinya stabil hingga siang ini," kata Bupatu Lumajang Thoriqul Haq kepada detikcom, Selasa (1/12/2020).

Tak hanya itu, Thoriq mengaku aktivitas Semeru mulai meningkat sejak pukul 01.45 WIB hingga 04.33. Thoriq menambahkan selama tiga jam ini terjadi letupan awan panas. Kendati demikian, Thoriq menegaskan pihaknya akan selalu memantau kondisi Gunung Semeru.

"Menurun jam 4.33 WIB, akan kami pastikan lagi. Tapi biasanya kita pastikan sekitar dua hari lagi," ungkap Thoriq.

Di kesempatan yang sama, Thoriq menyebut jika Gunung Semeru memang sering mengeluarkan letusan kecil. Meski begitu warga juga sudah terbiasa akan hal ini. Namun, sewaktu-waktu letusan Gunung Semeru akan cukup besar.

"Gunung Semeru ini letusan kecil sering. Ini salah satu alamiahnya Gunung Semeru dan masyarakat sudah biasa. Tapi memang tadi malam, letusannya berbeda dengan hari biasa sehingga masyarakat tidak seperti biasa yang mereka lihat. Sangat meningkat dalam waktu 3 jam," pungkasnya.

(hil/fat)