Polisi Gandeng Linmas Jaga 2.084 TPS di Pilbup Mojokerto

Enggran Eko Budianto - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 12:19 WIB
polres mojokerto
Polisi Gandeng Linmas Jaga 2.084 TPS di Pilbup Mojokerto (Foto: Enggran Eko Budianto)
Mojokerto -

Pengamanan Pilbup Mojokerto 9 Desember nanti bakal diperketat untuk mencegah berbagai potensi masalah. Polisi juga melibatkan personel Perlindungan Masyarakat (Linmas) untuk menjaga 2.084 TPS.

Itu ditandai dengan apel bersama Linmas persiapan pengamanan pungut dan hitung suara di lapangan Mapolres Mojokerto, Jalan Gajah Mada, Kecamatan Mojosari. Apel kali ini diikuti personel polisi, TNI, Satpol PP, dan perwakilan Linmas.

"Kami bersama pemerintah, ulama, TNI dan tokoh masyarakat apel bersama Linmas dan seluruh kekuatan yang akan kami sebar untuk pengamanan Pilkada 2020. Apel ini untuk melihat kondisi dan jumlah riel personil yang akan mengamankan TPS," kata Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander di lokasi apel, Selasa (1/12/2020).

Ia menjelaskan personel Linmas se-Kabupaten Mojokerto akan diterjunkan untuk menjaga 2.084 TPS pada Pilbup 9 Desember nanti. Para anggota Linmas bakal bergabung dengan polisi, TNI dan Satpol PP untuk menjaga pemungutan hingga penghitungan suara. Nantinya, setiap TPS dijaga paling sedikit 6 personil gabungan.

"Ini menjadi sejarah Pilkada dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19. Arahan Presiden dan Kapolri jelas tetap melakukan pengamanan dengan mematuhi prokes. Simulasi pengamanan TPS sudah kami laksanakan dan siap diterapkan tanggal 9 Desember nanti," terang Dony.

Mantan Kapolres Pasuruan Kota ini menjelaskan, Polres Mojokerto, Kodim 0815, Pemkab, para ulama, tokoh lintas agama dan tokoh masyarakat bersinergi untuk mewujudkan Pilbup 2020 berjalan tertib, aman dan damai. Selain itu, pemungutan dan penghitungan suara digelar dengan mematuhi protokol kesehatan.

"Harapannya kami kepada seluruh masyarakat Kabupaten Mojokerto mohon kerjasamanya. Semoga Pilkada berjalan aman damai dan tertib," tandasnya.

Pilbup Mojokerto 2020 diikuti 3 pasangan calon. Pasangan nomor urut 1 yaitu Ikfina Fahmawati-Muhammad Albarraa (Ikbar). Ikbar diusung Partai Gerindra, NasDem, Hanura, PAN, Demokrat dan PKS. Ikfina merupakan istri Eks Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa yang dicopot karena kasus korupsi.

Paslon nomor urut 2 adalah Yoko Priyono-Choirun Nisa (Yoni). Pasangan ini diusung Partai Golkar dan PPP. Yoko mempunyai pengalaman 34 tahun di pemerintahan. Sedangkan Nisa mantan Wabup Mojokerto periode 2010-2015.

Paslon terakhir Pungkasiadi-Titik Masudah (Putih). Mereka diusung PDIP, PKB dan PBB. Pung tercatat sebagai cabup petahana. Sedangkan Tituk adik kandung Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah

(iwd/iwd)