815 Surat Suara Pilwali Pasuruan Rusak, KPU: Akan Segera Diganti

Muhajir Arifin - detikNews
Senin, 30 Nov 2020 17:55 WIB
815 Surat Suara Pilwalkot Pasuruan Rusak
815 Surat Suara Pilwalkot Pasuruan Rusak (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan -

Sebanyak 815 surat suara Pilwali Pasuruan rusak. KPU memastikan ratusan surat yang rusak akan segera diganti.

Ratusan surat suara rusak diketahui selama proses pelipatan. Kerusakan surat suara antara lain kertas robek, sampul surat suara tak sesuai, hingga terdapat bercak-bercak tinta hitam ujung kertas.

"Setelah pelipatan selesai, ditemukan 815 surat suara yang rusak," kata Komisioner KPU Pasuruan Helmi, Senin (30/11/2020).

Jumlah surat suara yang dicetak KPU Kota Pasuruan sebanyak 152.449 lembar. Rinciannya sebanyak 146.618 lembar sesuai jumlah DPT ditambah 2,5 persen dari masing-masing jumlah pemilih per TPS, dan 2.000 lembar untuk surat suara PSU.

"Setelah diketahui ratusan surat suara yang rusak, kami sampaikan ke pihak pencetak. Tentunya akan diganti baru," terang Helmi.

Surat suara yang selesai dilipat saat ini dibendel dan disimpan di dalam gudang logistik kantor KPU Kota Pasuruan. Surat suara akan didistribusikan ke masing-masing TPS menjelang hari H pencoblosan.

Pilwali Pasuruan head to head antara paslon nomor urut 1 Saifullah Yusuf-Adi Wibowo melawan paslon nomor urut 2 Raharto Teno Prasetyo-Moch Hasjim Asjari.

Simak juga video '8.237 Lembar Surat Suara untuk Pilwalkot Solo Ditemukan Cacat':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)