Antisipasi Cuaca Ekstrem, Ini Langkah KPU Jatim Agar Logistik Pilkada Aman

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Selasa, 24 Nov 2020 14:05 WIB
KPU Jatim
KPU Jatim/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya -

Pengiriman logistik untuk Pilkada 2020 di 19 kabupaten dan kota di Jawa Timur telah dilakukan secara bertahap. Mengantisipasi cuaca ekstrem, KPU Jatim telah melakukan sejumlah langkah.

Anggota KPU Jatim Divisi Perencanaan dan Logistik, Miftahur Rozaq mengatakan, dalam tahap pengiriman hingga logistik sampai gudang, ada sejumlah hal yang patut diantisipasi. Misalnya surat suara yang basah karena hujan hingga banjir.

"Kebetulan memang cuacanya sekarang lagi ekstrem ya. Kita sudah memberikan pengarahan dan imbauan. Kita melakukan rakor khusus untuk betul-betul memperhatikan keamanan gudang dari banjir, kemudian hujan atau faktor lain yang mengganggu," kata Rozaq kepada detikcom di Surabaya, Selasa (24/11/2020).

Rozaq menyebut, logistik Pilkada dibagi menjadi dua bagian. Pertama yakni Alat Pelindung Diri (APD) untuk petugas di TPS. Yang kedua logistik elektoral seperti surat suara, kotak suara, bilik suara hingga keperluan untuk mencoblos.

Untuk APD, Rozaq menyebut, sudah didistribusikan ke 19 kabupaten kota. APD juga tengah didistribusikan ke kecamatan-kecamatan. "Sedangkan terkait logistik elektoralnya ini baru 6 dari 19 kabupaten atau kota yang masih menerima surat suara. Jadi masih proses setting packing di gudang kabupaten kota masing-masing," paparnya.

"Sesuai jadwal yang sudah kami terima, rata-rata tanggal 5, 6, sampai 7 Desember ini sudah mulai kita lakukan distribusi ke kecamatan khusus logistik yang ada dalam kotak," imbuh Rozaq.

Selanjutnya
Halaman
1 2