Plengsengan 7 Meter di Tulungagung Longsor, Dapur Rumah Warga Hancur

Adhar Muttaqien - detikNews
Senin, 30 Nov 2020 15:58 WIB
plengsengan longsor
Plengsengan 7 meter di Pagerwojo, Tulungagung longsor (Foto: Adhar Muttaqien)
Tulungagung -

Sebuah plengsengan setinggi 7 meter di Kecamatan Pagerwojo, Tulungagung longsor, akibatnya dua rumah warga mengalami kerusakan. Saat ini warga bergotong-royong membersihkan material longsor.

Kepala Desa Kradinan Eko Sujarwo, mengatakan longsor tersebut terjadi di bagian belakang rumah Wagiyo Dusun Jengkol, Desa Kradinan, Kecamatan Pagerwojo. Peristiwa itu mengakibatkan dapur rumah Wagiyo hancur terbawa longsor.

Selain itu material longsor juga menimpa teras rumah milik Nanto yang ada di bawahnya.

"Waktu itu hujan hanya gerimis saja, tapi tiba-tiba terdengar mirip ledakan. Setelah ditengok ternyata plengsengan setinggi tujuh meter dengan panjang 12 di rumah Pak Wagiyo ini longsor," kata Eko Sujarwo, Senin (30/11/2020).

Menurutnya kejadian longsor itu tidak sampai menimbulkan korban jiwa maupun luka. Seluruh penghuni rumah Wagiyo maupun Nanto selamat.

Kades menambahkan, terkait bencana ini, puluhan warga bersama sejumlah aparat terkait bergotong-royong membersihkan material longsor serta mengevakuasi sisa-sisa dapur yang terbawa longsor.

"Kami gotong royong, dapur rumah Pak Wagiyo dibongkar karena kondisinya sudah rusak parah, sekaligus ini membersihkan tanah yang menimpa rumah Pak Nanto," ujarnya.

(iwd/iwd)