Belasan ASN Pemkot Malang Positif COVID-19, WFH Diberlakukan

Muhammad Aminudin - detikNews
Senin, 30 Nov 2020 15:44 WIB
Balai Kota Malang
Balai Kota Malang (Foto file: Muhammad Aminudin/detikcom)
Malang -

Belasan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Malang terpapar virus COVID-19. Work Form Home (WFH) akan diberlakukan.

Kabag Humas Pemkot Malang Nur Widianto menuturkan, berkaitan dengan Sekretaris Daerah (Sekda), Wasto dirawat di RSU dr Syaiful Anwar, pihaknya melakukan langkah dini. Pemkot Malang akan melakukan rapid test secara bergelombang terhadap ASN.

"Kami sudah menjalankan rapid test reguler terhadap ASN. Hasilnya, ada 10 sampai 15 orang reaktif," beber Nur Widianto saat dikonfirmasi wartawan di Balai Kota Malang Jalan Tugu, Senin (30/11/2020).

Menurut Nur Widianto, belasan ASN tersebut mengindikasikan terpapar virus COVID-19 berdasarkan hasil tes cepat yang dilakukan.

"Reaktif mengarah kepada terkonfirmasi (Positif) COVID-19. Hasil rapid test untuk 10 sampai 15 ASN," tuturnya.

Adanya hasil rapid test tersebut cukup mengejutkan. Apalagi, beberapa ASN yang diduga terpapar virus COVID-19 memiliki kontak erat dengan Wali Kota Sutiaji.

"Dari beberapa personal, ada yang aktivitas intens dengan Bapak Wali Kota Sutiaji. Sehingga kemudian bapak wali kota memutuskan untuk menjalani rapid test. Meskipun non reaktif, beliau hari ini melakukan swab mandiri," tegas Nur Widianto.

Pemkot Malang akan memberlakukan WFH pasca belasan ASN di lingkungannya, terindikasi virus COVID-19.

"Sesuai SOP yang berlaku, kami pertimbangkan WFH dan mengurangi aktivitas di luar. Sejalan dengan itu, kepada orang-orang terdekat akan dilakukan swab," pungkasnya.

(fat/fat)