Keren, Minyak Gaharu Made In Jombang Tembus Pasar Ekspor

Enggran Eko Budianto - detikNews
Minggu, 29 Nov 2020 07:34 WIB
Minyak Gaharu Made In Jombang Tembus Pasar Ekspor
Minyak Gaharu (Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom)
Jombang -

Minyak wangi atau aroma terapi berbahan kayu gaharu buatan warga Jombang menembus pasar ekspor. Omzet produsen minyak gaharu pun mencapai belasan juta per bulan.

Salah satunya Fachrur Rochman (26), produsen minyak gaharu di Desa Bawangan, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang. Dia sudah 10 tahun menggeluti bisnis minyak gaharu ini.

Minyak wangi buatan Rochman menggunakan dua jenis kayu gaharu. Yakni kayu gaharu ramin dan zebra untuk minyak gaharu kelas medium. Dia juga membuat minyak gaharu kualitas super untuk dieskpor. Minyak wangi kualitas terbaik itu menggunakan kayu gaharu membramo.

Untuk membuatnya, kayu gaharu lebih dulu dihaluskan. Serbuk gaharu lantas diolah di mesin destilasi atau mesin penyulingan. Proses penyulingan ini membutuhkan waktu 3 hari untuk menghasilkan minyak gaharu berkualitas.

"Di tempat saya itu minimal prosesnya 50 kilogram untuk sekali suling. Hasilnya bisa sampai 300 sampai 500 mililiter per tiga hari," kata Rochman kepada wartawan di tempat produksinya, Minggu (29/11/2020).

Minyak gaharu buatan Rochman dijual dalam ukuran mililiter yang dikemas botol kecil untuk kelas medium. Sedangkan kualitas ekspor, bapak satu anak ini hanya menjualnya dalam kemasan 12 mililiter.

Selanjutnya
Halaman
1 2