3.213 Anggota KPPS Pasuruan Jalani Rapid Test, Bagaimana Jika Reaktif?

Muhajir Arifin - detikNews
Jumat, 27 Nov 2020 15:16 WIB
3.213 Angota KPPS Pasuruan Jalani Rapid Test, Bagaimana Jika Reaktif?
Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan -

Sebanyak 3.213 anggota KPPS dan Linmas Pilwakot Pasuruan menjalani rapid test. Rapid test dilakukan untuk memastikan kondisi petugas TPS sehat. Bagimana kalau mereka reaktif?

Rapid test dilakukan serentak di empat kecamatan, yakni Purworejo, Bugulkidul, Gadingrejo dan Panggungrejo. Test digelar selama dua hari.

"Kita ingin memastikan KPPS dalam keadaan sehat, minimal dirapid test. Di aturan kami, di badan ad hoc itu masih rapid test (bukan swab test), minimal dengan rapid test sudah terkonfirmasi kesehatannya," kata Ketua KPU Kota Pasuruan Royce Diana Sari, Jumat (27/11/2020).

Royce mengatakan setiap anggota KPPS dan Linmas yang reaktif akan dikumpulkan. Mereka akan diberi kesempatan melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

"Jika kondisinya sehat dan menyatakan mampu melaksanakan tugas setelah isolasi, mereka akan tetap melanjutkan tugas. Namun kalau sebaliknya ya dipersilahkan mengundurkan diri," terang Royce.

Royce mengatakan jika terdapat anggota KPPS dan Linmas yang mengundurkan diri, KPU sudah menyiapkan pengganti.

"Kita sudah kerjasama dengan lembaga pendidikan, sekolah-sekolah kita minta bantuan tenaganya. Tidak ada rekrutmen ulang," pungkas Royce.

Jumlah TPS Pilwalkot Pasuruan 9 Desember sebanyak 357. Masing-masing TPS berisi 7 KPPS dan 2 Linmas.

(fat/fat)