Karir Politik Dadang Wigiarto Gagal Nyaleg Tapi Dua Kali Jadi Bupati Situbondo

Ghazali Dasuqi - detikNews
Jumat, 27 Nov 2020 10:44 WIB
Bupati Situbondo, H Dadang Wigiarto
Almarhum Bupati Situbondo Dadang Wigiarto (Foto: Ghazali Dasuqi/detikcom)
Situbondo -

Suasana duka atas kepergian Bupati Situbondo, H Dadang Wigiarto, masih sangat terasa. Bupati dua periode itu tutup usia, setelah tiga hari berjuang melawan COVID-19 di RSUD dr Abdoer Rahem Situbondo.

Banyak pihak merasa kehilangan atas kepergian almarhum di usia 54 tahun. Salah satunya adalah PKB Situbondo, partai yang selama ini menjadi kendaraan almarhum meniti karir politiknya yang cukup panjang di Kota Santri.

"Almarhum adalah kader terbaik kami. Tentu saja, keluarga besar PKB merasa kehilangan atas kepergian almarhum," kata Ketua DPC PKB Situbondo, Ali Yafi Mughni kepada detikcom, Jumat (27/11/2020).

Sejak awal berkiprah di panggung politik daerah, Bupati Dadang memang langsung menentukan pilihannya bergabung dengan PKB. Kala itu menduduki kepengurusan partai di Divisi Hukum. Bisa jadi, ini tak lepas dari kiprah almarhum sebelumnya yang memang aktif di dunia hukum.

"Sebelumnya almarhum memang sudah cukup lama menjadi advokat atau pengacara di Situbondo," sambung Ali Yafi.

Pada pemilihan anggota legislatif (Pileg) tahun 2004, Bupati Dadang mulai mencoba maju melalui PKB. Namun, saat itu almarhum gagal mendapatkan kesempatan menjadi caleg terpilih. Tak patah arang, Bupati Dadang terus menata kiprahnya di panggung politik partai.

Termasuk, saat PKB terbelah dan di Situbondo memilih menjadi PKNU. Saat itu, Dadang Wigiarto dipercaya menjadi Sekretaris Tanfidz PKNU Situbondo. Pada Pileg tahun 2009, almarhum mencoba kembali untuk maju menjadi caleg. Hasilnya, Dadang pun terpilih menjadi salah satu anggota DPRD Situbondo.

"Bahkan, saat itu posisi almarhum di DPRD masuk dalam jajaran pimpinan. Beliau menjadi Wakil Ketua DPRD periode 2009 -2014," sambung Ali Yafi.

Baru satu tahun duduk di kursi legislatif, nama Dadang masuk dalam bursa Calon Bupati yang akan diusung PKNU dalam Pilkada Situbondo 2010 silam. Bahkan atas 'rekomendasi' sejumlah masyaikh di Situbondo, nama Dadang Wigiarto benar-benar tampil sebagai Calon Bupati dari PKNU. Saat itu, PKNU berkoalisi dengan Partai Golkar yang menunjuk nama Rahmat sebagai Cawabupnya.

Bagaimana perjuangan Bupati Dadang saat itu? Ada di penjelasan berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2