Pipa Gas Bocor Hingga Semburkan Api, Ini Penjelasan PGN

Enggran Eko Budianto - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 21:07 WIB
gas bocor di mojokerto
Pipa gas yang bocor dan menyemburkan api (Foto: Enggran Eko Budianto)
Mojokerto -

Pipa gas milik PT Perusahaan Gas Negara (PGN) di Jalan Raya Surodinawan, Kota Mojokerto bocor hingga menyemburkan api gara-gara aktivitas warga membakar sampah di selokan. Pihak PGN berharap masyarakat ikut menjaga jaringan gas (jargas) bumi agar insiden serupa tidak terulang.

Pipa PGN yang terbakar berada di selokan tepat di depan tempat parkir SMK Kesehatan Bhakti Indonesia Medika, Jalan Raya Surodinawan nomor 25, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto. Saat ini semburan api telah dipadamkan. Kebocoran gas juga bisa dihentikan.

Area Head PGN Wilayah Sidoarjo dan Sekitarnya Heri Frastiono mengatakan, pipa yang bocor dan terbakar berfungsi menyalurkan gas bumi ke rumah salah seorang warga. Pipa jenis HDPE warna kuning ini dipasang melintang di dalam selokan menuju ke rumah pelanggan.

Menurut dia, pipa berdiameter 20 milimeter itu sudah dilindungi pipa galvanis berdiameter 1 inchi. Namun, aktivitas pembakaran sampah di dalam selokan oleh warga membuat pipa galvanis panas dan melelehkan pipa HDPE di dalamnya.

"Informasi sementara ada warga yang bakar-bakar di lokasi. Akhirnya pipanya meleleh, terjadi kebocoran dan kebakaran," kata Heri saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (25/11/2020).

Semburan api bisa dipadamkan petugas pemadam kebakaran (Damkar) menggunakan busa atau foam. Sedangkan kebocoran gas diatasi setelah 4 petugas dari anak perusahaan PGN, PT Gagas Energi Indonesia (Gagas PGN) turun ke lokasi. Mereka memotong pipa yang terbakar, lalu menutupnya dengan alat khusus.

"Sudah dilakukan penutupan aliran sementara, nanti disambung kembali supaya pelanggan bisa menikmati gas bumi kembali," terang Heri.

Agar insiden serupa tidak terulang, Heri berharap partisipasi masyarakat menjaga jargas bumi yang ada di Mojokerto. "Masyarakat supaya peduli menjaga jargas dengan tidak melakukan aktivitas yang berdampak pada jargas, misalnya bakar sampah atau aktivitas galian yang berdampak ke jargas," tandasnya.

Kebakaran terjadi sore tadi sekitar pukul 16.00 WIB. Api menyembur dengan ketinggian sekitar 1 meter pada pipa yang bocor. Insiden ini membuat warga dan para pedagang di dekat lokasi sempat panik.

(iwd/iwd)