Aksi Damai Arek Suroboyo Juga Tuntut Habib Rizieq Terbuka Soal Kesehatannya

Amir Baihaqi - detikNews
Selasa, 24 Nov 2020 16:27 WIB
demo tolak fpi di surabaya
Arek Suroboyo Tolak FPI (Foto: Amir Baihaqi)
Surabaya -

Puluhan orang yang menamakan diri Arek Suroboyo Tolak FPI menggelar aksi damai di depan Grahadi Jalan Gubernur Suryo Surabaya. Mereka meminta Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab untuk menunda wacana kedatangan ke Jatim.

Tak hanya itu, dalam aksinya, mereka juga meminta Habib Rizieq Shihab juga mau terbuka dengan kondisinya yang sedang dikabarkan sakit. Sebab, menurut mereka, saat ini Habib Rizieq dikabarkan sedang terpapar COVID-19.

"Jadi gini, saya menanggapi apa yang saya dengar bahwa beliau hari ini terpapar. Kami berharap khususnya kepada beliau untuk secara terbuka mau jujur kepada publik. Kedua, kasihan keluarga, kasihan umat, kasihan pengikut beliau," terang Koordinator Arek Suroboyo Tolak FPI Ahmad Zazuli kepada detikcom, Selasa (24/11/2020).

"Kekhawatiran kami ini akan menjadi klaster bagi jemaah beliau, keluarga beliau dan khususnya di lingkungan sekitar beliau," tambah Zazuli.

demo tolak fpi di surabayaFoto: Amir Baihaqi

Untuk memastikan terpapar atau tidak COVID-19, Zazuli juga berharap Habib Rizieq Shihab mau dilakukan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan itu meliputi rapid test dan swab. Dan adapun hasilnya nantinya tidak ditutup-tutupi.

"Kami berharap kepada beliau mau di-swab, mau di-rapid secara terbuka. Tidak lagi ditutupi, tidak lagi disembunyikan. Kami juga berharap beliau sebagai panutan umat bagi jemaahnya ada keinginan untuk keterbukaan itu," tutur Zazuli.

"Mau tidak mau, namanya pandemi COVID ini adalah pandemi bagi kita semuanya. Kita tidak ingin klaster baru, penularan baru yang disebabkan oleh beliau," tandas Zazuli.

Sebelumnya, Pengacara Front Pembela Islam (FPI), Aziz Yanuar, menjelaskan kondisi Habib Rizieq memang kurang sehat sejak acara Maulid Nabi. Saat ini Habib Rizieq lebih banyak istirahat di kediamannya.

"Nggak (sakit), itu butuh istirahat saja. Kan kalau kurang sehat beliau juga ngomong di ceramah itu. Ada kok di ceramahnya 'saya lagi kurang sehat'," kata Aziz saat dihubungi detikcom, Rabu (18/11/2020).

"Iya (istirahat) di Petamburan," lanjutnya.

Aziz pun mengungkapkan keluarga telah memeriksakan kondisi kesehatan Habib Rizieq.

"Sudah (diperiksa). Internal kita sudah. Kalau pemeriksaan, itu urusan internal keluarga," jelasnya.

(iwd/iwd)