TNI AL Gelar Latihan Rutin Jelang Pilkada Banyuwangi 2020

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 24 Nov 2020 14:30 WIB
TNI AL Gelar Latihan Rutin Jelang Pilkada Banyuwangi 2020
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi menggelar latihan rutin jelang Pilkada 2020. Berbagai kesiapan dilakukan untuk mensukseskan gelaran kontestasi politik 5 tahunan ini. Tak hanya itu, latihan antisipasi bencana dan serangan musuh juga dilakukan TNI AL.

Latihan ini dipantau langsung oleh Kolonel Laut (P) Mulyadi dari Koarmada II Surabaya dan Danlanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) Joko Setiyono, Selasa (24/11/2020).

Menurut Danlanal, latihan yang digelar ini, dapat diaplikasikan dengan situasi saat ini yang akan menggelar Pilbup Banyuwangi 2020. Tentunya mengamankan pesta demokrasi dari gangguan huru hara di masa pandemi COVID-19.

"Kita akan back up aparat pengamanan untuk Pilkada Banyuwangi 2020. Nantinya mereka akan disiapkan di beberapa titik," ujar Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Joko Setiyono kepada wartawan.

"Petugas pengawas dari Koarmada II Surabaya yang berjumlah 10 orang menjalani swab. Seluruh personel juga telah menjalani rapid test dan non reaktif," tambahnya.

Menurut Danlanal Banyuwangi, latihan meliputi surat menyurat di kantor, peraturan baris berbaris sampai penggunaan senjata ringan.

"Untuk Pangkalan TNI AL latihan begini digelar setiap tahun. Kalau waktu saya di KRI dr Soeharso tiap dua tahun," papar Danlanal.

Apakah latihan ini untuk pengamanan pilkada, simak penjelasannya.

Selanjutnya
Halaman
1 2