Round-Up

Alasan Pencuri Kotak Amal di Malang hingga Ancaman untuk Mantan Istrinya

Tim Detikcom - detikNews
Selasa, 24 Nov 2020 09:14 WIB
pencuri kotak amal di masjid malang
Pencuri kotak amal di Malang (Foto: Muhammad Aminudin/detikcom)
Surabaya -

Polres Malang menetapkan RSH (43), pria yang mengajak mantan istri dan anaknya mencuri kotak amal masjid. RSH adalah otak dari pencurian kotak amal dan sajadah serta mukena.

Semua bisa terungkap, setelah penyidik melakukan pemeriksaan terhadap tersangka serta perempuan dan anak laki-laki yang ikut diamankan. Tersangka mengancam tidak menafkahi, jika istri dan anaknya menolak untuk membantu mencuri.

RSH diketahui indekos di wilayah Blitar, tepatnya di Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar. Alamat lain yang disebutkan dalam Berkas Acara Pemeriksaan (BAP).

"Jadi tersangka mengancam tidak akan menafkahi, jika tidak ikut mencuri. Itu disampaikan kepada perempuan berstatus mantan istri dan anak laki-lakinya. Hingga kemudian mereka ikut mencuri," terang Kapolres Malang AKBP Hendri Umar kepada wartawan di Mapolres Jalan Ahmad Yani, Kepanjen, Kabupaten Malang, Senin (23/11/2020).

Hendri menegaskan, penahanan sudah dilakukan terhadap RSH, setelah cukup bukti untuk menetapkan sebagai tersangka. Sementara perempuan belakangan adalah mantan istri dan anak laki-lakinya diputuskan untuk dilakukan pembinaan.

"Kami tegaskan, tersangka (Bapak) merupakan otak dari aksi pencurian. Yang lainnya, hanya diajak dan mau karena diancam oleh tersangka. Tersangka RSH merupakan otak dari aksi pencurian, untuk perempuan sama anak laki-laki kita berikan pembinaan melibatkan dinas terkait," tegasnya.

Apa alasan pelaku mencuri kotak amal, selengkapnya di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2