Kenang Perjuangan Kiai, Banser Asal Madiun Jalan Kaki Hingga ke Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 23 Nov 2020 21:36 WIB
banser berjalan kaki dari Madiun ke Banyuwangi
Eko Hadi Susilo berhasil berjalan kaki dari Madiun ke Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

13 Hari berjalan kaki, akhirnya anggota Barisan Serba Guna (Banser) asal Madiun tiba di Banyuwangi. Eko Hadi Susilo (43) melakukan napak tilas, dengan berjalan kaki sejauh 423 kilometer untuk memperingati hari Pahlawan.

Menurutnya, Banyuwangi tak bisa dilepaskan dari sejarah penting atas berdirinya Gerakan Pemuda Ansor saat Muktamar ke-9 NU tanggal 23 April 1943 silam.

Eko Hadi Susilo warga Desa Rejomulyo, Kecamatan Kartoharjo, Kabupaten Madiun ini, menyelesaikan tugasnya di Banyuwangi, Senin (23/11/2020). Kedatangannya langsung disambut oleh beberapa pengurus Ansor Banyuwangi di perbatasan Banyuwangi-Jember yang ada di lereng Gunung Gumitir.

Eko Hadi Susilo mengaku bersyukur telah menunaikan tugasnya. Dirinya sengaja berjalan kaki dari Madiun ke Banyuwangi untuk menggelorakan kembali semangat perjuangan para Kyai dan Santri dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain untuk mengenang perjuangan para sesepuh NU dalam memperjuangkan kemerdekaan, napak tilas yang ia lakukan juga sebagai pengingat bahwa berdirinya Ansor tak bisa dilepaskan dari kota yang terletak di ujung timur Pulau Jawa ini.

"Iya, napak tilas ini saya lakukan agar Ansor-Ansor muda, lebih semangat lagi berkontribusi untuk bangsa dan negara. Sengaja saya pilih Banyuwangi sebagai tujuan akhir, untuk mengingatkan kembali kepada warga NU, bahwa Ansor ini lahirnya ya di Banyuwangi," tegas Eko penuh semangat.

Diakui Eko, banyak kendala saat melakukan napak tilas. Mulai panas terik hingga hujan. Namun diakuinya, selama dalam perjalanan, banyak yang membantu dan memberi support kepadanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2