Ekonomi Jadi Alasan Keluarga ini Curi Kotak Amal Hingga Viral

Muhammad Aminudin - detikNews
Senin, 23 Nov 2020 17:05 WIB
Alasan Bapak Ajak Istri Anak Curi Kotak Amal
Pencuri kotak amal di masjid Malang (Foto: Muhammad Aminudin/detikcom)
Malang -

Faktor ekonomi melatarbelakangi satu keluarga mencuri kotak amal masjid di wilayah Kabupaten Malang. RSH (43), sebagai otak pencurian mengaku menggangur selama dua bulan. Sebelumnya, tersangka bekerja menjadi kenek bus.

"Motifnya adalah ekonomi," ujar Kapolres Malang AKBP Hendri Umar kepada wartawan di Mapolres Jalan Ahmad Yani, Kepanjen, Kabupaten Malang, Senin (23/11/2020).

Hendri membeberkan, dalam pemeriksaan, RSH mengaku dulunya bekerja sebagai kenek bus. Pandemi COVID-19 membuat tersangka kehilangan pekerjaan.

"Tersangka dulu kenek bus, dan beralasan karena pandemi COVID-19 kehilangan pekerjaan dan kemudian menganggur," beber Hendri.

Karena tak memiliki pekerjaan itulah, tersangka RSH nekat mencuri uang di dalam kotak amal masjid. Parahnya, RSH memaksa istri dan anaknya ikut melancarkan aksi kejahatannya.

"Tersangka mengaku putus asa, karena tidak punya pekerjaan. Kemudian mempunyai niat mencuri. Dan memaksa istri dan anaknya untuk ikut. Jika tidak, tidak akan dinafkahi," beber Hendri Umar.

Lihat juga video 'Oknum TNI Maling Kotak Amal di Masjid':

[Gambas:Video 20detik]