PDIP Incar 12 Kursi Kepala Daerah di Jatim

Eko Sudjarwo - detikNews
Senin, 23 Nov 2020 16:12 WIB
Wakil Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah
Wakil Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah (Foto: Eko Sudjarwo/detikcom)
Lamongan -

Dari 19 daerah di Jatim yang menggelar Pilkada Serentak 2020, PDIP menargetkan kemenangan di 12 daerah. Untuk memastikan target kemenangan ini, PDIP terus melakukan konsolidasi.

Wakil Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah membenarkan hal itu. Secara nasional PDIP menargetkan 62 persen kemenangan di Pilkada Serentak 9 Desember mendatang. Target ini, kata Basarah, sesuai dengan hasil Rakernas partai beberapa waktu lalu.

Untuk di Jawa Timur, Basarah menyebut, PDIP menargetkan kemenangan di 12 daerah dari 19 daerah yang akan menggelar pilkada.

"Dalam rakernas kami menargetkan 62 persen kemenangan dalam pilkada serentak dana Jatim dari 19 pilkada 12 di antaranya ditargetkan untuk menang, yang salah satunya adalah Lamongan," kata Ahmad Basarah usai konsolidasi internal dengan DPC dan PAC PDIP Lamongan, Senin (23/11/2020).

Untuk mencapai target tersebut dan memastikan kemenangan, lanjut Basarah, pihaknya terus menggelar konsolidasi yang dilakukan secara berjenjang hingga ke tingkat paling bawah. Basarah yang juga Wakil Ketua MPR RI ini juga menyampaikan, persaingan dan elektabilitas di Lamongan hingga saat ini masih cukup ketat.

"(Elektabilitas) masih cukup ketat, sehingga kami meminta semuanya untuk memaksimalkan sisa waktu 16 ini," tandasnya.

Basarah menambahkan, strategi kampanye yang paling efektif dan aman saat pandemi COVID-19 ini salah satunya dengan cara canvasing atau door to door yaitu datang secara langsung ke setiap rumah. Kegiatan ini dilakukan secara langsung untuk memperkenalkan paslon yang diusung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Karena dengan situasi semacam ini strategi kampanye yang paling efektif dan juga aman menjaga protokol COVID-19 itu ya dengan door to door, datang ke setiap rumah, tentu dengan menggunakan masker dan lain sebagainya dan langsung memperkenalkan paslon yang kita usung," pungkasnya.

(fat/fat)