Polisi Lakukan Pengecekan TPS Terjauh Jelang Pilbup Banyuwangi 2020

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 22 Nov 2020 22:55 WIB
polresta banyuwangi
Polisi melakukan cek TPS terjauh di Banyuwangi (Foto: Istimewa)
Banyuwangi -

Memastikan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Tahun 2020 berjalan dengan baik, polisi melakukan sidak mengecek lokasi TPS terjauh. Lokasi terjauh berada di Dusun Sukamade, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, 70 kilometer dari pusat kota Banyuwangi.

Polisi juga mengkampanyekan protokol kesehatan COVID-19, menjelang Pilbup di Banyuwangi. Pengecekan TPS terjauh ini diawali silaturahmi dengan warga sekitar TPS terjauh. Petugas Polsek Pesanggaran berdialog dengan warga meminta untuk terus menjaga Kamtibmas khususnya menjelang pelaksanaan Pilkada ini.

"Kita tugaskan Polsek setempat melakukan pemantauan langsung aparat TPS terjauh. Kita mengajak warga untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas agar kondisi wilayah tetap aman dan kondusif," jelas Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifuddin kepada detikcom, Minggu, (22/11/2020).

Arman meminta karena situasi Pandemi covid-19 masih belum berakhir, petugas mengingatkan warga untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Tiga hal penting dalam protokol kesehatan adalah 3M yakni menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan.

"Kami juga membagikan masker kepada masyarakat untuk mendukung penerapan protokol kesehatan," tegasnya.

Sementara itu, Kapolsek Pesanggaran AKP Subandi menambahkan petugas mengecek lokasi yang rencananya akan digunakan sebagai lokasi TPS. Lokasi ini menjadi TPS terjauh karena jaraknya yang cukup jauh dari pusat pemerintahan.

Petugas mengecek lokasi TPS terjauh untuk memastikan tempat itu benar-benar siap digunakan sebagai TPS dan bisa dijangkau oleh seluruh warga sekitar pada pelaksanaan pilkada 9 Desember 2020 yang akan datang.

"Rencananya di sekitar wilayah ini ada dua TPS yakni TPS 13 dan TPS 14," jelasnya.

Untuk menuju 2 TPS itu, kata Subandi, harus melalui jalan yang terjal dan menyeberangi dua sungai. Kendaraan pun harus dengan kendaraan penggerak roda ganda. Oleh karena itu, nantinya pihaknya juga akan melakukan pengawalan ketat saat pendistribusian logistik pemilu dalam waktu dekat.

"Logistik pemilu seperti surat suara, kotak suara dan kelengkapan yang lain akan kita kawal pendistribusiannya," pungkasnya.

(iwd/iwd)