DPRD Rekomendasikan Lumbung Pangan Jatim Jadi BUMD

Esti Widiyana - detikNews
Sabtu, 21 Nov 2020 18:31 WIB
Petugas Lumbung Pangan Jatim Positif COVID-19
Lumbung Pangan Jatim/Foto file: Faiq Azmi
Surabaya -

Lumbung Pangan Jatim terbukti bisa mewujudkan ketahanan pangan. Melihat keberhasilan itu, Wakil Ketua DPRD Jatim Anik Maslachah berharap, program tersebut menjadi BUMD agar sistem ketahanan pangan di Jatim bisa berlangsung secara berkelanjutan.

Anik mengatakan, Jatim memiliki satu BUMD yang menangani bidang ketahanan pangan. Yakni PT Jatim Graha Utama (JGU) dan program Lumbung Pangan Jatim bisa masuk ke BUMD tersebut.

"Nanti jika lumbung pangan sudah masuk dalam BUMD atau membentuk BUMD baru, maka pengaturannya bisa menyesuaikan," kata Anik, Sabtu (21/11/2020).

Politikus dari fraksi PKB itu menyampaikan, ada beberapa amanah yang harus dilakukan lumbung pangan. Seperti penyerapan produk petani, termasuk produk sisa pengiriman ke industri.

"Dengan begitu, petani memiliki kepastian pasar. Dan kita bisa lihat bukti nyatanya bahwa harga produk mereka tetap stabil," ujarnya

Menurutnya, Lumbung Pangan Jatim yang beroperasi sejak April 2020 itu sudah terbukti manfaatnya. Pasalnya, program ini mampu mengendalikan harga bahan pokok di pasar. Indikatornya, lumbung pangan memberi kepastian stok bahan pokok selalu ada, sehingga masyarakat tidak panik.

Selanjutnya
Halaman
1 2