Langit Banyuwangi Seperti Terbelah, BMKG Sebut Itu Biasa

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 20:14 WIB
Potret mengesankan tampak di langit Banyuwangi dalam dua hari terakhir. Langit Banyuwangi seperti terbelah saat matahari terbenam atau sunset.
Langit Banyuwangi seperti terbelah/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Langit Banyuwangi seperti terbelah saat matahari terbenam atau sunset. Namun menurut BMKG Banyuwangi, itu merupakan potret yang biasa.

Prakirawan BMKG Banyuwangi Mardani Rekso Gumintar mengatakan, itu bukan kejadian luar biasa. "Ini sering terjadi saat matahari terbit atau terbenam. Dan itu merupakan fenomena yang wajar. Di banyak tempat bisa saja terjadi," kata Mardani kepada wartawan, Jumat (20/11/2020).

Dalam bahasa ilmiah, kata Mardani, langit seperti terbelah dikenal dengan istilah 'crepuscular ray'. Yaitu terhalangnya cahaya matahari saat senja atau fajar oleh awan. Untuk yang di Banyuwangi ini, terjadi karena cahaya matahari saat terbenam terhalang oleh awan cumulus nimbus yang menjulang tinggi.

"Awan cumulus nimbus ini tepat berada di arah matahari terbenam. Sehingga menghalangi cahaya matahari dan membentuk garis yang seolah-olah membelah langit," papar Mardani.

Selanjutnya
Halaman
1 2