Langit Banyuwangi Seperti Terbelah Saat Matahari Terbenam

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 19:41 WIB
Potret mengesankan tampak di langit Banyuwangi dalam dua hari terakhir. Langit Banyuwangi seperti terbelah saat matahari terbenam atau sunset.
Langit Banyuwangi seperti terbelah/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Potret mengesankan tampak di langit Banyuwangi dalam dua hari terakhir. Langit Banyuwangi seperti terbelah saat matahari terbenam atau sunset.

Setiap petang, muncul bias warna merah dan oranye dari matahari. Seolah-olah langit terbelah dan terlihat begitu indah. Foto-fotonya pun sudah bermunculan di media sosial.

"Fenomena alam seperti langit terbelah ini terjadi sekitar jam 17.30 WIB," kata Agung, warga Sempu, Banyuwangi kepada detikcom, Jumat (20/11/2020).

Agung mengaku melihat 'langit terbelah' itu di Kelurahan Pengantigan, Kecamatan Banyuwangi. Dirinya sempat mengabadikan momen tersebut dengan kamera ponsel.

"Indah sekali fenomena langit kali ini. Tidak seperti hari-hari biasanya," tambahnya.

Kesan yang sama diungkapkan Ujik, warga Licin. Ia mengaku mengabadikan 'langit terbelah' di Pelabuhan ASDP Ketapang. "Sangat indah. Kondisi pantai sangat indah kalau berwarna merah," lanjutnya.

Untuk diketahui, berdasarkan momen yang tertangkap kamera, di langit Bumi Blambangan tampak bayangan gelap. Kemudian sisi kanan dan kiri terlihat lebih terang. Potret sunset ini tampak hampir di seluruh wilayah Banyuwangi menjelang magrib.

(sun/bdh)