Upaya PMI Surabaya Saat Stok Darah Plasma Konvalesen Kosong

Esti Widiyana - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 17:44 WIB
ilustrasi darah merah
Foto: thinkstock
Surabaya -

Stok darah plasma convalescent atau konvalesen COVID-19 PMI Surabaya habis. Kosongnya stok plasma konvalesen ini ternyata sudah sekitar 3 - 4 hari yang lalu.

Berbagai upaya pun dilakukan PMI Surabaya untuk mendapatkan pendonor plasma konvalesen. Mulai dari sosialisasi sampai menjemput bola ke pasien COVID-19 yang sembuh untuk bersedia menjadi pendonor.

"Upaya kita lakukan sosialisasi ke berbagai media, ke berbagai media sosial yang kita punya bhawa untuk mendonorkan darah plasma convalescent itu pasien covid yang sudah sembuh, kita menjemout bola juga. Dari data yang sudah kita peroleh, kita jemput bola hanv sudah sembuh COVID-19 kita arahkan untuk donor darah plasma," kata Kepala Humas UTD PMI Kota Surabaya Triksi Hendria saat dihubungi detikcom, Jumat (20/11/2020).

Triksi mengatakan, sejak kemarin Kamis (19/11) pihaknya sudah mengajak minat pendonor plasma konvalesen dari pasien COVID-19 yang sudah sembuh. Sebab, untuk mendonorkan plasma ada syarat lain. Yakni diambil sampel darah dan cek anti body.

"Pasien yang sudah sembuh dari COVID-19 ada yang masih trauma, takut untuk donor. Makanya kita jemput bola ke pasien COVID-19 yang sudah sembuh kita datangi untuk bersedia menjadi pendonor, kita juga ke beberapa instansi untuk mempermudah donor plasma," ujarnya.

Jemput bola yang dilakukan agar pendonor tidak mendatangi PMI Surabaya dua kali. Pertama pihaknya mendatangi lokasi pendonor untuk diambil sampel, jika sudah memenuhi syarat baru bisa mendonorkan plasma konvalesen.

"Untuk lebih mempermudah pendonor plasma konvalesen supaya tidak datang dua kali, kita mendatangi untuk dilakukan cek sampel tadi kalau sudah sesuai syarat baru pendonor datang ke PMI untuk donor plasma konvalesen. Sehingga tidak perlu datang dua, cukup satu untuk donor," pungkasnya.

Bagi pendonor yang bersedia mendonorkan plasma konvalesen untuk pasien COVID-19 di rumah sakit bisa langsung datang ke PMI Surabaya di Jalan Embong Ploso No 7-15, Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng setiap hari mulai pukul 07.00 WIB sampai 20.00 WIB.

(fat/fat)