Permintaan Tinggi, Stok Darah Plasma Konvalesen PMI Surabaya Kosong

Esti Widiyana - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 16:53 WIB
transfusi darah
Foto: thinkstock
Surabaya -

Stok darah plasma convalescent atau konvalesen COVID-19 di PMI Surabaya habis. Kosongnya stok darah plasma convalescent ini ternyata sudah terjadi sekitar 3 - 4 hari lalu.

"Stok darah plasma convalescent kita hari ini kosong dan ini tadi sudah ada satu pendonor mungkin nanti sore menyusul. Kosongnya kurang lebih sekitar tiga sampai empat hari ini, sesuai data," kata Kepala Humas UTD PMI Kota Surabaya Triksi Hendria saat dihubungi detikcom, Jumat (20/11/2020).

Triksi mengatakan, di bulan November ini permintaan plasma konvalesen di PMI Surabaya kembali naik. Sementara jumlah pendonor atau pasien yang sembuh dari COVID-19 menurun.

Jika dibandingkan bulan lalu atau Oktober, permintaan darah plasma konvalesen meningkat hingga empat kantong per hari. Seperti Oktober rata-rata permintaan 11 kantong/hari, lalu bulan November naik menjadi 15 kantong/hari.

"Sementara jumlah pendonor yang mau menyumbang plasma tidak banyak. Sehingga menyebabkan stok plasma konvalesen beberapa hari ini kosong di PMI Surabaya," ujarnya.

Rupanya, permintaan darah plasma convalescent ini juga tidak hanya dari Surabaya saja. Melainkan kabupaten dan kota lain di Jawa Timur yang mengajukan permintaan darah plasma konvalesen ini.

"Plasma ini kan permintaan nggak hanya Surabaya, ada beberapa kabupaten kota lain. Seperti Bangkalan, Tuban, Malang juga mengajukan permohonan plasma convalescent PMI Surabaya," katanya.

Triksi mengatakan, jika pendonor plasma convalescent yang masuk hari ini langsung dikirim ke pasien COVID-19 di rumah sakit. Sehingga, stok darah plasma konvalesen di PMI Surabaya kosong.

"Satu pendonor plasma convalescent yang sudah mendonorkan darahnya otomatis segera dikirim untuk pasien covid yang sudah membutuhkan. Makanya stok kami kosong karena setiap sudah ada pendonor langsung diberikan kepada pasen yang ada di rumah sakit," pungkasnya.

Sejak awal Juli 2020 hingga hari ini sudah ada 368 pendonor plasma konvalesen di PMI Surabaya. Dan kini stok plasma tersebut sedang kosong, sehingga membutuhkan partisipasi dari pasien COVID-19 yang sudah sembuh.

Simak video 'Stok Darah Menipis di Masa Pandemi, PMI Subang 'Jemput Bola'':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)