Perupa Banyuwangi Terus Berkarya Demi Tarik Minat Perupa Luar Daerah

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 18 Nov 2020 17:07 WIB
Perupa Banyuwangi Tarik Minat Perupa Luar Daerah Datang
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Aktivitas perupa Banyuwangi yang terus berkarya, membuat perupa asal Surabaya dan Sidoarjo kepincut. Mereka datang ke Banyuwangi untuk melihat kegiatan para perupa di Kabupaten paling ujung Timur Pulau Jawa ini. Tak hanya itu, para perupa Sidoarjo dan Surabaya juga turut serta dalam melukis on the spot.

Kegiatan ini digelar di Langgar Art Kelurahan Tukangkayu, Kecamatan Banyuwangi, Rabu (18/11/2020). Empat perempuan cantik menjadi model melukis on the spot tersebut. Para pelukis dari Surabaya, Sidoarjo dan tuan rumah dari Banyuwangi menghadap para model, menciptakan karya lukis cantik di dalam kanvas mereka.

"Tentu ini menjadi sebuah sambutan yang luar biasa bagi kami dari Surabaya dan Sidoarjo. Di tengah pandemi COVID-19 di Banyuwangi bisa melakukan kegiatan on the spot," ujar Amdo Brada, perupa asal Surabaya kepada detikcom.

Amdo mengakui, kedatangan rombongan perupa dari Surabaya dan Sidoarjo ke Banyuwangi didasari banyak informasi kegiatan perupa yang bergerak masif. Meski tanpa didanai oleh pemerintah. Di tengah kevakuman yang terjadi, pihaknya sangat iri dengan kegiatan para perupa di Banyuwangi ini.

"Daerah lain lagi vakum kegiatan seperti ini. Seperti Surabaya dan Sidoarjo tidak ada melukis on the spot. Tentu ini memberikan semangat bagi perupa lain. Saya angkat topi dengan seniman Banyuwangi ini. Meski ditengah pandemi tetap berkarya. Apalagi dengan kerjasama pameran dengan hotel dan kegiatan lain. Surabaya masih bergemuruh di tengah kamar masing-masing. Belum seperti Banyuwangi berani tampil di tengah pandemi," pungkasnya.

Selama pandemi COVID 19, perupa asal Surabaya dan Sidoarjo baru pertama kali merasakan melukis on the spot. Mereka mengaku pengetatan wilayah di daerahnya tak memberikan kesempatan atau ruang bagi perupa melakukan kegiatan on the spot.

Perupa Surabaya dan Sidoarjo diskusi dengan perupa Banyuwangi soal aktivitas. Bagaimana prosesnya, ada di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2