Curhat Mbah Sri soal Tanahnya Hanya Dibayar Rp 360 Ribu Oleh PDAM Magetan

Sugeng Harianto - detikNews
Senin, 16 Nov 2020 11:23 WIB
Pada 1995, tanah Mbah Sri di Magetan digunakan PDAM. Kala itu ia hanya mendapat kompensasi Rp 360 ribu dari Rp 10 juta yang diminta.
Mbah Sri di Magetan/Foto: Sugeng Harianto

Saat itu dirinya meminta kompensasi Rp 10 juta. Namun di bawah ancaman itu, lanjut Mbah Sri, ia hanya mendapat Rp 360 ribu.

"Loh yen ngaten jenengan (kalau begitu Anda) menggunakan kesempatan dalam kesempitan," kata Mbah Sri menirukan ucapan pejabat saat itu.

"Koe iyo, baten kulo ngeh ngoten (kamu juga, dalam hati saya gitu)," imbuhnya.

Mbah Sri mengungkapkan, saat itu pihak kecamatan juga menjanjikan akan membelikan seekor sapi. Namun sampai saat ini belum terlaksana.

"Katanya mau belikan lembu, sampai sekarang juga tidak pernah," sambungnya.

Direktur Utama PDAM Magetan Choirul Anam menyampaikan, permasalahan tersebut sudah dalam tahap mediasi. PDAM Lawu Tirta Magetan mengakui dari data tahun 1995, Mbah Sri menerima uang kesepakatan Rp 360 ribu.

"Memang kami hanya pelimpahan saja data pejabat saat itu. Intinya sudah ada kesepakatan dan kali ini tadi kita juga sudah silaturahmi ke rumah yang bersangkutan," kata Anam.

"Kita sering juga anjangsana ke warga sekitar lokasi sumber air untuk pembagian CSR bagi masyarakat yang kurang mampu dan juga bantuan untuk anak sekolah tiap HUT PDAM. Intinya permasalahan akan diselesaikan," pungkasnya.

Halaman

(sun/bdh)