Nakes di Probolinggo Ajak Pasien Senam Peringati Hari Kesehatan Nasional

M Rofiq - detikNews
Kamis, 12 Nov 2020 12:52 WIB
puskesmas jati kota  probolinggo
Nakes Puskesmas Jati peringati Hari Kesehatan Nasional (Foto: M Rofiq/detikcom)
Probolinggo -

Memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-56, tenaga kesehatan (Nakes) di Puskesmas Jati, Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, mengajak pasien doa bersama untuk mengusir COVID-19. Tak hanya berdoa, pasien yang datang juga diajak senam ringan di ruang tunggu. Aktivitas ini dilakukan sebelum memulai beraktivitas pelayanan medis.

Dokter gigi Puskesmas Jati Drg Ratih Damayanti mengatakan kegiatan yang dilakukan para nakes dan dokter, bertujuan untuk mendekatkan para pasien dengan nakes.

"Setiap pagi mengajak pasien senam ringan. Dan berdoa di Hari Kesehatan Nasional ke 56, memohon dijauhkan dari COVID-19," ujarnya kepada detikcom.

Tak hanya itu, para nakes juga memberikan penyuluhan ke para pasien tentang bahaya COVID-19, dan penerapan 4 M menjaga protokol kesehatan, yakni mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan tambahan Membaca Doa).

"Tim nakes dan dokter silih berganti memberikan penyuluhan ke warga di perkampungan, agar selalu jaga kebersihan, hidup sehat dan lebih mengerti bahaya COVID- 19," tegasnya.

Dan bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional 2020, nakes Puskesmas Jati, menjual masker, face shield, hand sanitizer. Selain itu memberikan informasi COVID- 19, secara on air dan live streaming via facebook.

Salah satu pasien, Diningrat (56), warga Kelurahan Jati mengatakan, kegiatan ini membuat pasien sangat terkesan. Apalagi kegiatan ini dilakukan secara rutin. Dirinya juga mengapresiasi kegiatan yang digagas para nakes itu.

"Selain mengajak berdoa kepada Allah SWT, para tenaga kesehatan yang rela berkorban demi masyarakat, agar terhindar dari paparan COVID- 19, meski nyawa terancam, dan setia melayani pasien dengan baik, juga selalu memberikan penyuluhan setiap pagi ke pasien agar warga selalu patuhi protokol kesehatan," jelas Diningrat saat di ruang tunggu pasien.

(fat/fat)