Pembudi Daya Cacing di Sidoarjo Tetap Bertahan di Masa Pandemi COVID-19

Suparno - detikNews
Rabu, 11 Nov 2020 09:54 WIB
Bagi sebagian orang cacing merupakan hewan yang menggelikan bahkan menjijikan. Meski demikian, hewan ini memiliki sejumlah manfaat bagi kehidupan.
Pembudi daya cacing di Sidoarjo
Sidoarjo -

Bagi sebagian orang cacing merupakan hewan yang menggelikan bahkan menjijikkan. Meski demikian, hewan ini memiliki sejumlah manfaat bagi kehidupan.

Menyadari hal itu, Rudy Dwi Winarko, warga Desa Sawotratap, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo memanfaatkan cacing sebagai sumber mata pencaharian. Ia sudah menekuni budi daya cacing selama tujuh tahun.

Di masa pandemi COViD-19 pemasarannya sempat menurun. Namun budi daya cacing ini omzetnya tetap jutaan Rupiah per bulan.

"Setiap bulannya masih sekitar Rp 5 juta hingga Rp 6 juta," kata Rudy kepada wartawan di rumahnya, Rabu (11/11/2020).

Sejak 2013, bapak tiga anak ini memutuskan untuk keluar dari rutinitas sebagai buruh pabrik dan menekuni budi daya cacing di rumahnya. Rudy mendapatkan ilmu budi daya cacing saat belajar dari seorang teman di Malang.

"Awalnya kami ke rumah teman di Malang. Kemudian memberanikan diri membuka sendiri budidaya cacing di rumah. Setelah ada hasilnya kami keluar dari pabrik untuk menekuni budi daya ini," tambah Rudy.

Selanjutnya
Halaman
1 2