Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Musim Hujan di Tengah Pandemi COVID-19

Esti Widiyana - detikNews
Sabtu, 07 Nov 2020 08:11 WIB
hujan rintik-rintik di payung
Foto: thinkstock

Hanum menjelaskan, selain faktor usia, kondisi lingkungan dan cuaca ekstrem dapat mempengaruhi imunitas. Tubuh manusia memiliki homeostasis yaitu sistem yang mengatur keseimbangan atau proses adaptasi terhadap kondisi lingkungan di dalam atau di luar tubuh. Kondisi lingkungan dan pergantian cuaca yang begitu cepat dari panas ke dingin membuat sistem homeostasis pada tubuh bekerja lebih keras.

"Hal ini menyebabkan sistem imun atau daya tahan tubuh menurun. Saat panas maka debu kering membawa banyak komponen virus atau bakteri. Sedangkan di musim dingin yang lembap, virus atau bakteri lebih mudah berkembang biak. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga imunitas tubuh selama pandemi COVID-19 dan musim pancaroba seperti ini," jelasnya.

Ada beberapa cara serta tips yang dapat dilakukan masyarakat untuk menjaga kekebalan tubuh agar tetap sehat selama musim hujan. Pertama, jangan lupa membawa perlengkapan seperti payung atau jas hujan jika beraktivitas di luar rumah. Jika terkena hujan, segera mandi dengan air hangat atau ganti dengan pakaian baru.

"Kedua, konsumsi makanan empat sehat lima sempurna dengan kandungan gizi dan nutrisi yang mencukupi. Jangan lupa mengonsumsi buah serta sayur yang kaya akan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh," katanya.

Ketiga, istirahat yang cukup di malam hari selama kurang lebih 6-8 jam. Kurangnya tidur dapat menimbulkan stres dan menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Keempat, tetap olahraga minimal 2-3 kali seminggu untuk melancarkan peredaran darah dan oksigen di dalam tubuh. Kelima, boleh mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh.

"Di saat musim hujan seperti ini, masyarakat dapat mengolah jahe atau temulawak secara mandiri menjadi minuman fungsional yang bisa dikonsumsi sebagai suplemen. Jahe dan temulawak ini mengandung zat flavonoid yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh," pungkasnya.

Halaman

(fat/fat)