Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Musim Hujan di Tengah Pandemi COVID-19

Esti Widiyana - detikNews
Sabtu, 07 Nov 2020 08:11 WIB
hujan rintik-rintik di payung
Foto: thinkstock
Surabaya -

Memasuki musim hujan, sistem imun atau daya tahan tubuh harus tetap terjaga agar tetap prima menjalani aktivitas terlebih saat pandemi COVID-19. Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya (Ubaya), dr Puri Safitri Hanum SpPD membagikan tips menjaga imunitas tubuh agar tetap sehat selama musim hujan.

Menurut dr Hanum sapaan akrabnya, setiap manusia memiliki sistem daya tahan tubuh di dalam dirinya. Sistem imun merupakan sistem pertahanan atau kekebalan tubuh yang memiliki peran dalam mengenali dan menghancurkan benda-benda asing atau sel abnormal yang dapat merugikan tubuh.

"Sistem imunitas pada manusia ini berlapis-lapis berfungsi sebagai pertahanan tubuh dalam melindungi diri dari patogen atau mikroorganisme yang dapat menimbulkan penyakit," kata Hanum, Sabtu (7/11/2020).

Patogen seperti virus atau bakteri menjadikan tubuh manusia sebagai sel inang. Jika imunitas menurun maka tubuh menjadi lemah dan mudah terserang penyakit.

Umumnya, bayi atau anak kecil yang belum tumbuh dengan sempurna dan sedang memasuki tahap perkembangan memiliki sistem imun yang lemah. Hal ini juga terjadi pada orang tua yang mengalami proses degeneratif sehingga menyebabkan sistem imun atau kekebalan tubuh menurun.

"Rata-rata orang dewasa muda memiliki sistem imun yang bagus sehingga mereka akan lebih sehat. Namun, jika mereka memiliki penyakit penyerta atau metabolik seperti diabetes, HIV, dan yang lain, maka dapat melemahkan sistem imun sehingga virus atau bakteri lebih mudah menyerang tubuh," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2