Bertemu Pegiat Seni dan Budaya, Ini Harapan Pj Bupati Sidoarjo

Amir Baihaqi - detikNews
Kamis, 05 Nov 2020 20:14 WIB
Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono
Pj Bupati Sidoarjo bersilaturahmi dengan puluhan seniman dan budayawan (Foto: Istimewa)
Sidoarjo -

Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono mengajak pegiat seni dan budaya untuk turut serta berpartisipasi menghidupkan destinasi wisata budaya di Kota Delta. Hal itu ia sampaikan saat bersilaturahmi dengan puluhan seniman dan budayawan Kampung Seni Pondok Mutiara dan Brang Wetan di Pendopo Delta Wibawa.

"Kami berharap Sidoarjo ada destinasi wisata budaya. Dinas pendidikan dan kebudayaan kolaborasi dengan komunitas Brang Wetan dan Kampun Seni. Menggarap konten program-program yang menarik," kata Hudiyono, Kamis (5/11/2020).

Menurut Hudiyono, pertumbuhan ekonomi pariwisata di Sidoarjo tergolong kecil. Sebab, di Jawa timur 38 persen pendapatan diperoleh dari sektor pariwisata. Bila digarap serius potensi wisata di Sidoarjo bisa ditingkatkan lagi.

Untuk itu, Hudiyono mengaku akan memfasilitasi penghijauan dan membuka akses jalan agar kampung seni seperti permintaan para seniman. Adapun pengerjaannya ia targetkan sudah dikerjakan pada tahun depan.

"Semoga dalam waktu dekat ini masalah penghijauan di kampung seni bisa segera dilakukan. Untuk pembukaan akses jalan dari depan Lippo Mal menuju Kampung Seni nanti kita lihat, bisa kita targetkan tahun depan," terang pria yang akrab disapa Cak Hud itu.

Ketua komunitas Kampung Seni Mahmud Yunus mengaku senang dengan undangan dari Hudiyono. Sebab kampung seni merupakan amanah dari bupati sebelumnya yang masih dirawat sampai saat ini.

"Teman-teman senang bisa mancik pendopo bertemu Pj Bupati Sidoarjo. Kampung seni merupakan amanah bupati Win Hendarso yang sampai sekarang kita rawat dan jaga," terang pria yang akrab disapa Willy itu.

Menurut Yunus, kampung seni bisa menjadi ikon wisata seni budaya jika ada perhatian dari Pemkab Sidoarjo. Untuk itu, ia menyambut baik rencana Hudiyono yang akan melakukan penghijauan dan pembangunan akses jalan di kampun seni.

"Kampung seni bisa jadi ikon kabupaten Sidoarjo. Dari kita untuk kita," pungkas Willy.

(iwd/iwd)