Sejumlah Harapan Mengalir ke Mantan Pengikut Syiah Usai Dibaiat ke Suni

Hilda Meilisa - detikNews
Kamis, 05 Nov 2020 18:07 WIB
274 Penganut Syiah Sah Kembali ke Ajaran Suni
Pengikut syiah usai dibaiat di Sampang (Foto: Istimewa)
Surabaya -

274 Pengungsi Syiah yang menghuni Rusunawa Puspa Agro, Kecamatan Taman, Sidoarjo, kembali ke kampung halamannya di Sampang, Madura, untuk dibaiat menjadi Suni. Sejumlah harapan dan doa mengalir pada ratusan mantan pengikut Tajul Muluk ini.

Salah satu harapan datang dari Kakanwil Kemenag Jatim, Ahmad Zayadi. Ahmad datang langsung menjadi saksi pembacaan ikrar Tajul Muluk beserta pengikutnya kembali ke ajaran ahlussunnah wal jamaah (Aswaja), di Pendopo Trunojoyo Kabupaten Sampang.

Ahmad menjelaskan ikrar kembali ke paham aswaja yang dilakukan mantan pengikut Syiah ini atas kesadaran sendiri. Hal ini setelah proses berpikir dan merenung dalam waktu yang cukup lama untuk pencarian kebenaran akan keyakinannya.

Untuk itu, Ahmad berharap melalui ikrar ini bisa menjadi puncak pencapaian kebenaran, yang nantinya bisa dihiasi ibadah istiqamah hingga perilaku menebarkan kasih sayang. Dan mengembangkan silaturahim menuju rahmatal lil alamin.

"Sebagai umat Islam, kita diharapkan menjadi pilar kebersatuan dari beragamnya etnis, kebiasaan, pemahaman dan lain lain," kata Ahmad di Sampang, Kamis (5/11/2020).