Kendalikan Inflasi Daerah, Ini Jurus dan Kiat Jitu Gubernur Khofifah

Hilda Meilisa - detikNews
Kamis, 05 Nov 2020 12:31 WIB
gubernur khofifah
Foto: Istimewa
Surabaya -

Dalam mengendalikan inflasi daerah, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memiliki kiat khusus. Salah satunya mengembangkan model kerja sama antar daerah melalui optimalisasi peran BUMD.

Dalam hal ini, Khofifah memberi tugas khusus kepada PT Jatim Grha Utama (JGU). Menurunya, kerja sama ini digadang bisa menjadi jurus mengendalikan inflasi daerah dengan mengontrol supply-demand komoditas pangan yang sifatnya strategis.

"Kita telah diberikan informasi detail di titik mana yang mempengaruhi inflasi dan mana yang jsutru memberikan ketahanan," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (5/11/2020).

Salah satu solusi yang diberikan untuk pengendalian inflasi yakni melakukan penataan manajemen stock. Hal ini dilakukan dengan maksimalisasi resi gudang, sehingga manajemen inflasi terhadap komoditas strategis tidak hanya terkait supply dan demand, tapi juga terkait manajemen stok.

"Maka kita telah menyerahkan surat penugasan pada PT JGU, sebagai BUMD milik Pemprov Jatim, untuk mengambil peran dan menjalankan fungsi intermediatory supply-demand komoditas strategis," imbuh Khofifah.

PT JGU pun menyatakan kesiapannya dan akan tancap gas menjalankan fungsi intermediatory supply-demand komoditas strategis di Jatim. Diketahui, PT JGU yang merupakan holding company dari PT Puspa Agro akan melakukan penataan manajemen intermediatory supply-demand untuk komoditas telur dan daging ayam, yang banyak menyumbang inflasi di Jatim.

Dengan adanya hal ini, peternak telur dan daging ayam akan mudah mendapatkan pakan, terjamin harganya. Ini membuat manajemen stok di pasaran saat panen dan di luar masa panen telur dan daging ayam, lebih tertata sehingga tak sampai mempengaruhi inflasi.

Selanjutnya
Halaman
1 2