Curhat Petani Blewah di Jombang yang Viral Gegara Gagal Panen

Enggran Eko Budianto - detikNews
Rabu, 04 Nov 2020 18:05 WIB
viral petani hancurkan buah
Petani blewah di Jombang menunjukkan blewahnya yang rusak Foto: Enggran Eko Budianto
Jombang -

Ratusan hektare tanaman semangka dan blewah di Jombang gagal panen gara-gara musim hujan yang datang lebih awal. Gagal panen membuat para petani kian terpuruk di tengah dampak ekonomi pandemi COVID-19.

Seperti yang dirasakan Heri Beki (30), petani blewah di Desa Rejosopinggir, Kecamatan Tembelang. Dia mempunyai 2 hektare tanaman blewah yang semuanya gagal panen. Buah-buah yang siap panen membusuk setelah diguyur hujan.

"Kerugian saya kurang lebih Rp 40 juta. Itu untuk pupuk, obat-obatan, sewa lahan dan upah pekerja," kata Heri kepada wartawan saat melihat tanaman blewah miliknya yang gagal panen, Rabu (4/11/2020).

Di tengah lesunya perekonomian akibat pandemi COVID-19, Heri justru harus menanggung utang puluhan juta. Karena biaya tanam blewah dia pinjam dari bank.

Kini dia bekerja serabutan untuk mencicil utang tersebut. Pekerjaannya sebagai juru kamera pada acara hajatan sepi permintaan karena wabah Corona. Sedangkan buah blewah yang membusuk di lahan, sampai saat ini dia biarkan begitu saja.

"Niatnya mau sewa lagi, tapi modal sudah gak ada. Rencana kalau sudah punya modal lagi akan tanam blewah tahun depan," terangnya.