Dari Abu Jerami, Lukisan Bernilai Artistik Warga Lumajang Tembus Mancanegara

Nur Hadi Wicaksono - detikNews
Rabu, 04 Nov 2020 07:32 WIB
Lukisan Abu Jerami Punya Nilai Artistik Tinggi Tembus Mancanegara
Abu jerami disulap jadi lukisan (Foto: Nur Hadi Wicaksono/detikcom)
Lumajang -

Anjuran pemerintah agar berada di rumah selama pandemi COVID-19, dimanfaatkan warga Desa Penanggal Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, untuk mengasah kreativitas di bidang lukisan. Hasilnya, karya lukis dari abu jerami diminati kolektor dari tanah air hingga mancanegara.

Adalah Sendy Agus Cahyana (23). Di tengah Pandemi COVID-19 ini dirinya menciptakan karya lukis yang sangat indah. Bahan lukisan pun dengan bahan yang jarang digunakan pelukis. Yakni abu jerami yang diambil dari sawah. Karyanya pun menjadi lukisan bernilai seni tinggi.

"Ide awal membuat lukisan abu jerami ini karena saya melihat melimpahnya jerami di desa saya. Waktu saya ke sawah membawa pulang jerami kemudian saya bakar. Abu-nya saya haluskan kemudian saya campur dengan lem dan air dan saya buat lukisan. Hasilnya kok bagus dan banyak peminatnya," ujar Sendy Agus Cahyana Kepada detikcom, Rabu (4/11/2020).

Lukisan Abu Jerami Punya Nilai Artistik Tinggi Tembus MancanegaraLukisan Abu Jerami Punya Nilai Artistik/ Foto: Nur Hadi Wicaksono

Untuk membuat lukisan tersebut membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Pertama ia mencari dan mengumpulkan jerami yang terbuang di sawah lalu membakar jerami hingga menjadi abu. Selanjutnya, haluskan abu jerami dengan cara ditumbuk hingga abu jerami betul-betul halus kemudian ayak abu jerami.

Lalu buat adonan abu jerami dengan mencampur abu dengan lem dan air secukupnya dan taruh di plastik. Selanjutnya desain gambar lukisan di atas media triplek dan lukis menggunakan tinta abu jerami tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2